Akibat Cacing Kremi Pada Kesehatan

WASPADAI, Akibat Cacing Kremi Pada Kesehatan Yang Jarang Kita ketahui

Apa Saja Akibat Cacing Kremi Pada Kesehatan Yang Paling Berbahaya?? Seringkali tidak ketahui, bagaimana bisa kita terkena cacing kremi yang setiap harinya sering muncul dan menimbulkan rasa gatal terutama di bagian anus?

Cacing kremi adalah hewan parasit yang biasanya hidup pada lingkungan yang tercemar. Baik pada kotoran hewan, manusia juga benda² yang kita sentuh bahkan dari kebiasan kita yang sering berjalan tanpa alas di tanah. Larva acing bisa masuk ke dalam tubuh.

Cacing kremi dapat bertahan dalam usus manusia hingga 13 minggu. Selain kehadiran cacing kremi membuat tidak nyaman seperti rasa gatal yang sering dibagian anus namun ternyata telur cacing yang berhasil menetas pada lipatan kulit di sekitar anus, akan masuk kembali ke dalam sistem pencernaan termasuk usus dan menyebabkan infeksi apabila tidak segera ditangani.

Akibat Cacing Kremi Pada Kesehatan Anak & Orang Dewasa

Akibat Cacing Kremi Pada Kesehatan

  • jumlah cacing yang sudah berkembang banyak di dalam usus, akan membuat perut penderita merasa mual, muntah hingga perih. Belum lagi aktifitas cacing yang tidak mau berhenti di dalam anus menyebabkan rasa gatal yang terus berkelanjutan, bisa membuat tidur seseorang terganggu atau tidak tenang. Jika penderita mengalami kesulitan tidur berkepanjangan, bisa berisiko terkena penyakit insomnia
  • Munculnya cacing kremi sering dianggap tidaklah berbahaya. Namun kenyataannya banyak mempengaruhi kondisi tubuh orang yang terserangnya baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika tidak segera diobati, kehilangan nafsu makan kerap dialami penderita yang akhirnya menyebabkan berat badan mereka terus menurun. Hal ini bisa terjadi karena cacing yang lama berada di tubuh merusak atau mengiritasi jaringan pencernaan termasuk usus. (baca juga : CARA MENGELUARKAN CACING KREMI DENGAN BAWANG PUTIH
  • Dampak akibat adanya cacing kremi di dalam tubuh paling berbahaya dapat membuat luka radang cukup parah pada saluran tuba dengan menyebabkan banyaknya cairan nanah mengendap dalam saluran tuba. Jika ini terjadi, bakteri lain bisa lebih mudah ikut bergabung dan sama-sama berjalan ke arah pembuluh getah bening, kemudian menyebabkan pembengkakan.
  • Penting bagi siapa saja agar terhindar dari penularan hewan parasit cacing kremi tertelan melalui mulut, sangat dianjurkan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas. Cacing yang telah masuk dalam usus halus dan lambung akan merusak bagian dinding halus, pembuluh darah, jantung hingga organ paru-paru
  • Cacing kremi bisa menjalar masuk ke vagina. Akibat cacing kremi di kemaluan wanita, dapat meningkatkan peradangan pada vagina (vaginitis) atau di lapisan dalam uterus (endometriosis). Peradangan tersebut baik di vagina atau lapisan dalam uterus, wanita biasanya akan mengeluh kesakitan saat buang air kecil bahkan berhubungan seksual. Komplikasi akibat cacing kremi pada kesehatan bisa membuat seseorang yang mengalaminya terinfeksi saluran kemih.
  • Anak-anak yang terserang cacing kremi, akan mempengaruhi pada perkembangan tubuhnya menjadi lambat tinggi, sangat kurus, sulit gemuk, hingga mudah merasa lelah, lemas dan lesu. Dengan kondisi ini, anak-anak bisa mengalami kesulitan belajar, berpikir tidak jernih dan sulit mengingat hasil yang diperoleh dari hasil pembelajaranya.
  • Telur cacing dan cacing kremi dewasa dapat mengiritasi lalu membuat luka lebar pada umbai usus. Jika luka tersebut meradang dan menimbulkan usus menjadi pecah maka isi usus akan tumpah dan mencemari jaringan perut bagian bawah. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang menderita kesakitan pada perut sebelah kanan atau terkena radang usus buntu.

Demikian sedikit informasi mengenai apa saja akibat cacing kremi pada kesehatan anak hingga orang dewasa yang memilikinya. Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat, kolom herbal

Akibat Cacing Kremi Pada Kesehatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.