Akibat Sering Berbuka Dengan Gorengan

Akibat Sering Berbuka Dengan Gorengan,- Salah satu makanan yang harus selalu ada dalam menu buka puasa adalah gorengan. Rasanya yang gurih dan cara pembuatannya yang mudah menjadikan gorengan sebagai primadona yang selalu di santap saat buka puasa, mulai dari bakwan, risoles, tahu goreng, tempe goreng dan lain sebagainya, bersama dengan kolak, teh manis dan es buah.

Akibat Sering Berbuka Dengan Gorengan

Terlalu banyak makan gorengan akan menyebabkan penyakit, kata-kata tersebut mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga Anda. Memang tidak ada yang melarang untuk makan gorengan, hanya saja waktu dan porsinya harus tetap diperhatikan. Hal ini karena gorengan mengandung kadar lemak yang tinggi. Minyak yang digunakan untuk menggoreng termasuk dalam sumber lemak, satu sendok teh minyak yang bisa Anda gunakan untuk menggoreng mengandung kurang lebih 50 kalori. Meskipun terlihat sedikit, tetapi tidak mungkin jika Anda hanya mengkonsumsi satu sendok teh minyak per harinya.

Akibat Sering Berbuka Dengan GorenganKandungan lemak dalam minyak yang ada pada gorengan membuat gorengan sulit dicerna, terutama ketika gorengan menjadi makanan pertama yang dimakan setelah seharian berpuasa. Ketika perut kosong setelah puasa seharian, perut harus mencerna lemak yang ada pada gorengan. Tentunya, saluran pencernaan bekerja lebih keras untuk dapat mencerna lemak tersebut. Karena sulit untuk dicerna, proses untuk pencernaan gorengan akan memakan waktu lama serta dapat menghambat saluran pencernaan.

Berikut beberapa dampak buruk yang kemungkinan besar bisa terjadi karena sering berbuka dengan gorengan, seperti :

  • Kandungan lemak jenuh yang ada pada gorengan dapat mengakibatkan asam lambung naik.
  • Sulitnya lemak untuk dicerna dan kandungan serat yang sangat sedikit pada gorengan dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit.
  • Setelah makan gorengan tenggorokan akan terasa gatal.
  • Terlalu banyak atau sering makan gorengan juga memicu iritasi pada tenggorokan.
  • Minyak mengandung banyak kalori, jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas dan memicu serangan jantung, stroke hingga diabetes.
  • Banyak makan gorengan juga bisa meningkatkan kandungan trigliserida atau lemak dalam darah.

Faktor utama penyebab gorengan tidak sehat terletak pada minyak goreng yang dipakai untuk menggorengnya. Dampak gorengan pada kesehatan tergantung dari jenis minyak yang digunakan untuk menggoreng, cara menggoreng, sudah berapa kali minyak dipakai untuk menggoreng dan berapa banyak garam yang ditambahkan pada gorengan tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya kontrol konsumsi gorengan Anda mulai dari sekarang. Jika ingin makan gorengan, sebaiknya Anda memasaknya sendiri. Gorengan yang beli di luar biasanya menggunakan minyak yang sudah dipakai  berulang kali sehingga dapat memicu pembentukan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Akibat Sering Berbuka Dengan Gorengan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *