Apa Penyebab Vitiligo Pada Anak-Anak

Apa Penyebab Vitiligo Pada Anak-Anak,- Setiap anak-anak pasti memiliki warna kulit yang berbeda-beda, diantaranya ada yang berwarna sawo matang, kuning langsat, kulit putih maupun kulit gelap. Tapi ini tidak terjadi bagi anak-anak yang memiliki kondisi yang disebut vitiligo. Vitiligo dapat menyerang siapa saja tak terkecuali anak-anak. Oleh sebab itu, jika timbul bercak bercak putih pada kulit anak anda, dan semakin lama semakin menyebar ada kemungkinan anak anda terkena gejala vitiligo.

baca: Glucoberry untuk Vitiligo

Apa Penyebab Vitiligo Pada Anak Anak

Apa itu Vitiligo?

Vitiligo dalam bahasa yang sederhana berarti hilangnya warna kulit normal. Vitiligo adalah gangguan autoimun yang ditandai dengan terbentuknya cacat pigmen kulit yang disebut melanin, atau terjadinya kerusakan atau kehilangan pigmen melanin pada kulit. Sehingga muncul bentuk seperti patch atau bercak putih pada kulit. Terdapat beberapa faktor yang mungkin dapat mempengaruhi terbentuknya vitiligo dalam diri seseorang, diantaranya :

  • Kecenderungan genetik.
  • Gangguan hormonal.
  • Trauma.
  • Bahaya Kerja.

Penyebab Vitiligo Pada Anak – Anak :

Salah satu penyebab paling umum dari pengembangan vitiligo pada anak-anak adalah faktor genetik. Dr. Rajesh Shah. MD telah melakukan pengamatan melalui studi di Life Force bahwa pasien vitiligo memiliki sifat genetik yang kuat dimana anggota keluarga dekatnya seperti orang tua, kakek-nenek, paman, bibi, atau saudara menderita salah satu atau lebih dari penyakit berikut :

  • Vitiligo
  • Hypothyroidism (di bawah tiroid aktif).
  • Diabetes.
  • Alopecia Areata
  • Kanker, atau
  • Anemia Pernisiosa.

Gejala vitiligo pada anak-anak sendiri ditandai dengan munculnya bercak warna lebih muda dari kulit normal yang lama kelamaan akan menjadi putih, dan biasanya terjadi pada daerah yang sering terkena sinar matahari langsung, atau umumnya terjadi pada daerah sekitar ketiak atau selangkangan, sekitar mulut, mata, lubang hidung, pusar, dll.

Jenis-Jenis Vitiligo :

Vitiligo dibagi menjadi 2 jenis, diantaranya :

1. Segmental Vitiligo

Segmental vitiligo hanya mempengaruhi satu segmen tubuh yang berarti, hanya satu sisi wajah atau kaki ataupun lengan disebut juga affectedby vitiligo. Segmental vitiligo ini paling sering terlihat pada anak-anak. Lebih dari setengah pasien dengan segmental vitiligo menunjukkan bercak putih di kepala, pada sekitar bulu mata atau alis.

2. Non – Segmental Vitiligo

Ini mempengaruhi kedua sisi tubuh seperti kaki, lengan, lutut, dll.

Diagnosis Vitiligo Pada Anak-anak

Diagnosis vitiligo dilakukan dengan pemeriksaan fisik, riwayat medis dan pemeriksaan laboratorium. Secara umum, pemeriksaan menyeluruh oleh seorang ahli cukup untuk mendiagnosa kasus vitiligo. Dalam beberapa kasus berikut langkah-langkah yang mungkin diambil oleh dokter :

  • Wood’s Lamp
  • Tes Laboratorium seperti, profil thyroid yang meliputi untuk mencari tahu kadar T3,T4, dan TSH.
  • Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, biasanya biopsi kulit disarankan.

Penggunaan tabir surya pada anak dapat dilakukan, namun konsultasikan dahulu dengan dokter anak anda, karena kulit pada anak cenderung lebih sensitif dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan, seperti iritasi pada kulit akibat produk kimia.

Pengobatan Apa Yang Disarankan ?

Pengobatan herbal adalah pengobatan yang bersifat organik atau alami. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan atau hewan yang mempunyai manfaat dan khasiat untuk pengobatan, tanpa adanya campuran bahan kimia, sehingga aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping maupun ketergantungan, terutama pada anak-anak.

>> Artikel Terbaik : Obat Vitiligo untuk Anak

Tindakan Orang Tua Terhadap Anak Yang Didiagnosis Vitiligo.

Ketika seorang anak didiagnosis vitiligo, orang tua akan merasa terkejut dan shock. Jelas sangat sulit, untuk orang tua melihat anak kesayangannya mengalami penyakit ini, perasaan anak yang mungkin akan merasa tidak percaya diri dan faktor lingkungan lainnya yang akan mungkin dirasakan oleh sang anak, namun kita sebagai orang tua perlu untuk menanamkan kepercayaan diri dan memberikannya semangat untuk anak kita.

Berikut ini beberapa tips panduan untuk para orang tua pada anak-anak yang mengalami vitiligo :

  • Menerima situasi, setelah kita sebagai orang tua menerima penyakit yang diderita anak kita, akan lebih mudah juga bagi anak anda untuk menghadapi masyarakat dengan keyakinan.
  • Jangan mencoba untuk menyembunyikan bercak vitiligo, anak-anak memiliki perasaan yang cenderung sensitif dan tajam, jika anda selalu bersikeras untuk mengenakan pakaian dimana vitiligo tertutupi, maka akan menghasilkan perasaan rendah diri dalam pikiran anak, sebaliknya pakaikan pakaian apapun yang mereka mau.
  • Jangan terlalu sering memeriksakan penyebaran penyakit, hal ini menunjukkan rasa kegelisahan dan ketakutan yang ditunjukkan orang tua tentang adanya penyakit vitiligo, ini akan membuat anak lebih sadar akan penyakitnya. Sebaliknya, memeriksakan penyebaran penyakit ketat ketika anak anda sedang tidur dan periksakan kembali sebulan sekali.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa penyebab vitiligo pada anak-anak, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi juga solusi, terutama bagi para orang tua dalam menghadapi anak yang tengah menghadapi penyakit ini.


Anda Mencari Obat Vitiligo yang Aman untuk Anak??

Kami Punya SOLUSINYA !!
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Solusi untuk Menyembuhkan Bercak Putih di Kulit Secara ALAMI

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati vitiligo. AMAN untuk Semua usia (minimal bayi usia 1 tahun), Aman juga untuk ibu hamil & menyusui (jadi, untuk bayi kurang dari usia 1 tahun, maka konsumsi qnc jelly gamat bisa dilakukan ibunya, nanti bayi mendapat manfaat jelly gamat dari ASI). Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.
Simak Selengkapnya Di >> Cara Mengobati Vitiligo karena Bawaan Lahir

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Cara Order dan Harga Jelly Gamat

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi Anda solusi penyembuhan terbaik untuk penyakit vitiligo..
Salam sehat, by www.kolomherbal.com

Artikel lainnya:

Apa Penyebab Vitiligo Pada Anak-anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *