Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita Diabetes

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita Diabetes,- Mengkonsumsi gula secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan, apa lagi jika Anda mengalami diabetes. Menderita diabetes berarti pantang memasukan bahan yang mengandung gula ke dalam makanan atau minuman, penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi gula tak lebih dari 150 kalori per hari. Jika melebihi dari batas tersebut, tentu saja akan mengakibatkan lonjakan dan sangat membahayakan.

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita Diabetes

Kabar baik untuk Anda yang mengalami diabetes atau sedang membatasi asupan gula, ada pemanis buatan yang berindeks glemik rendah yang rasanya mirip dengan gula, dengan kalori yang sangat rendah dan bahkan nol kalori. Karena pemanis ini memiliki indeks glemik dan berkalori rendah, maka sangat baik untuk dijadikan sebagai alternatif pengganti gula yang bisa ditambahkan pada makanan atau minuman bagi Anda yang mengalami diabetes maupun bagi orang-orang yang membatasi gula untuk kesehatan secara umum.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti gula, diantaranya :

  • Stevia

Stevia menduduki peringkat pertama yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti gula. Stevia pengganti gula yang berasal dari tanaman semak Stevia Rebaudiana Bertoni yang tumbuh di daerah Amerika Selatan, memiliki tingkat kemanisan gula sekitar 200-300 (kadang 500 kali) tingkat kemanisa sukrosa gula tebu.

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita DiabetesStevia terasa manis karena di dalamnya terdapat kandungan  steviol glycoside yang ada di dalamnya, stevia tidak akan tersimpan dalam tubuh bila dikonsumsi? Senyawa steviol glycosides akan dipecah menjadi steviol untuk kemudian diserap oleh tubuh dan dibuang dengan cepat dalam bentuk feses dan urine. Selain itu, stevia juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, B, dan C, kalsium, zat besi, zinc, natrium, kalium, protein, dan unsur-unsur lainnya.

  • Sirup Maple

Sirup maple merupakan sirup yang didapatkan dengan cara menyadap getah xylem dari mapel hitam, mapel gula dan mapel merah. Sirup mapel memiliki kandungan quebecol yang bermanfaat mencegah berbagai jenis penyakit seperti diabetes, alzaimer, kanker dan penyakit lain yang bersumber dari bakteri.

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita DiabetesSirup maple sudah mulai digunakan sebagai bahan makanan sejak 300 tahun yang lalu. Masyarakat Amerika Timur dan Kanada adalah yang menjadi awal muasal ditemukannya sirup ini. Di Indonesia sendiri sirup maple memang kurang terkenal dan harganya juga sangat mahal. Sirup mapel sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, karena bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti gula.

  • Gula Kelapa

Gula kelapa adalah makanan alami pengganti gula yang banyak digunakan di Indonesia. Analisis indeks glikemik gula kelapa di Food and Nutrition Research Institute Filipina menemukan gula kelapa memiliki indeks glikemik 35. Hal itu membuat indeks glikemik gula kelapa tergolong rendah dibandingkan gula pasir.

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita DiabetesSatu sendok makan gula kelapa mengandung sekitar 16 kalori dan tinggi vitamin C serta kalium. Selain itu gula kelapa juga kaya seng, zat besi, fosfor, kalsium, serta fitonutrien. Hal ini menjadikan gula kelapa sebagai alternatif pengganti gula terbaik bagi penderita diabetes.

  • Madu

Penderita penyakit diabetes cenderung membatasi konsumsi gula, sehingga sering kali menjadi korban dari promosi gula diet buatan agar dapat mengontrol kadar gula darah. Dan sedikit sekali orang yang melirik madu sebagai alternatif pilihan pengganti gula, pasalnya banyak penderita diabetes menganggap bahwa madu memiliki kandungan gula tinggi.

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita DiabetesProf.Dr. Aznan Lelo, Sp.FK,Ph.D, seorang ahli produk perlebahan dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, menilai madu dapat dihadikan sebagai pengganti gula yang efektif dan aman bagi pengidap diabetes. Seandainya ada kasus gula darah menjadi meningkat setelah minum madu, bisa jadi madu itu adalah madu palsu.

  • Kurma

Walaupun buah kurma bercita rasa manis tetapi ternyata buah kurma aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun tidak semua buah kurma boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena kebayakan buah kurma yang di jual dipasar adalah kurma yang dikeringkan dan ditambah pemanis juga.

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita DiabetesPenderita diabetes bisa mengkonsumsi buah kurma yang masih segar, karena buah kurma yang segar memiliki kadar indeks glikemik yang lebih rendah, hanya 45 /3 biji. Jadi buah kurma ini aman untuk dikonsumsi dan bahkan dianjurkan dalam jumlah yang tidak berlebihan karena manfaat yang terkandung di dalamnya.

  • Siruf Yacon

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita DiabetesSirup Yacon merupakan pemanis yang diekstrak dari akar yacon. Sirup Yacon memiliki sangat sedikit kalori dan kadar gula yang rendah, sehingga sangat cocok untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin menghindari gula untuk diet yang lebih sehat. Siruf yacon kaya akan probiotikyang baik untuk mendukung kesehatan pencernaan, selain itu peobiotik di dalam sirup ini mampu memaksimalkan penyerapan kalsium dan vitamin lainnya di dalam tubuh.

  • Nectar Agave

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita DiabetesNectar agave merupakan salah satu pengganti gula alami yang rendah. Selain itu nectar agave rendah kadar glikemik namun tinggi fruktosa.

  • Blackstrap Molasses

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita DiabetesTidak seperti gula putih pada umumnya, blackstrap molasses adalah pemanis yang mengandung berbagai jenis mineral yang baik untuk kesehatan. Merupakan sumber zat besi dan kalsium. Selain itu juga kaya akan kandungan copper, manganese, potasium, magnesium, vitamin B6 dan selenium yang menjadikannya sebagai pengganti gula yang sehat.

Itulah beberapa bahan-bahan alami yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif pengganti gula. Jika Anda menderita diabetes, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

Obat Diabetes QnC Jelly Gamat

Terbuat dari Teripang Emas Asli, Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati diabetes
Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.
Simak Selengkapnya Di >> Obat Tradisional Diabetes

Harga QnC Jelly Gamat ASLI, Hanya Rp 155.000,- /botol. (belum termasuk ongkos kirim)
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH, DISKON MAKIN TINGGI <<

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Cara Mengobati Leukemia Yang Sudah Kronis

Inilah Bahan Alami Pengganti Gula Untuk Penderita Diabetes

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *