Cara Mendorong Batu Empedu Keluar Dengan Konsumsi Apel

Cara Mendorong Batu Empedu Keluar Dengan Konsumsi Apel

http://www.kolomherbal.com/tanda-terkena-sakit-batu-empedu/

Begini langkah tepat Cara Mendorong Batu Empedu Keluar Dengan Konsumsi Apel agar bekerja maksimal. Selain aman, juga tidak mengeluarkan biaya mahal. Batu empedu biasanya rentan dialami pada usia di atas 45 tahun. Namun saat ini, bahaya batu empedu sudah banyak menyerang pada mereka dengan usia yang masih remaja.

Upaya untuk menghilangkan batu empedu bukanlah hal yang mudah sama halnya seperti batu di ginjal. Biasanya disarankan dengan tindakan operasi. Mengingat kata operasi pastinya perlu mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Alih-alih cara alami untuk mengatasi batu empedu kini banyak dicari.  Salah satu pengobatan alternatif untuk mengeluarkan batu ginjal adalah dengan rutin mengonsumsi buah apel. Namun benarkah cara kerja buah apel cukup efektif??

Apel telah diketahui mengandung kalium, juga pektin dan selulosa. Kalium ini merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan denyut jantung tetap teratur, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah.

Apel mengandung serat dalam jumlah banyak. Selulosa, adalah serat yang tidak larut (dalam air). Dalam buah apel memiliki selulosa terdapat pada kulitnya. Sedangkan, pektin adalah tipe serat larut yang banyak dijumpai pada daging buah apel.

Serat tak larut, khususnya selulosa selain beberapa hemiselulosa dan lignin, dapat mempercepat perjalanan sisa makanan melintasi saluran percerna. Sementara serat larut dapat menimbulkan efek sebaliknya, memperlambat ‘lalu lintas’ sisa makanan, dan dapat menghancurkan batu-batu yang ada dalam empedu.

Baik serat larut atau tidak larut sebenarnya sama-sama mempunyai peran baik untuk membersihkan perut. Kedua jenis serat dapat menyerap air dan membuat tinja lebih besar. Maka, jangan heran jika penderita konstipasi (sulit buang air besar) sangat dianjurkan mengonsumsi buah apel utuh.

Upaya mengeluarkan batu empedu dengan buah apel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cara ini cepat efektif ;

  • dalam waktu 5 hari, pastikan rutin minum 4 gelas sari buah apel segar setiap harinya. Juga bisa dibarengi dengan mengemil buah apelnya secara langsung dalam sehari 4 hingga 5 buah.
  • Selama menjalani terapi untuk pengeluaran batu empedu dengan buah apel, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan atau vitamin terlebih dahulu. Alasannya, efek obat bisa mencegah apel mampu bekerja dengan sempurna
  • disamping menghindari obat-obatan, pola makan juga perlu diperhatikan. Makanan berlemak adalah makanan yang pantang dikonsumsi bagi penderita batu empedu. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, bisa juga makan roti coklat dengan madu namun tanpa mentega atau susu. Hindari makan atau minum setelah jam 2 siang hingga pukul 6 sore.
  • Untuk hari berikutnya, minumlah air campuran garam epsom setelah jam 6 pagi 3/4 gelas. Setelah dua jam lewat, anda bisa mengonsumsi buah. Untuk satu jam kemudian, dapat makan-makanan seperti biasa namun tetap ringan seperti salad, sayuran yang dikukus, buah dan lainnya.
  • Pada hari ke 6 terapi dengan buah apel, untuk sementara tidak dianjurkan untuk makan malam. namun pada jam 6 sorenya, minum satu gelas campuran air hangat dengan satu sendok teh garam epsom. Hingga sudah tiba jam 8 malam, minum kembali satu gelas larutan air garam. Magnesium sulfat ini berguna untuk membuka pembuluh kandung empedu dan menyehatkan fungsi organ hati.
  • Pada jam sepuluh malam, lanjutkan dengan minum setengah cangkir teh minyak zaitun atau bisa diganti minyak wijen yang dicampur dengan setengah cangkir sari jeruk murni yang mana berguna untuk melumasi batu empedu sehingga bisa keluar dengan lancar. Pada esok harinya saat buang air besar, anda akan melihat beberapa batu berwarna hijau yang umumnya akan mengambang saat dikeluarkan

Demikian sedikit informasi mengenai Cara Mendorong Batu Empedu Keluar Dengan Konsumsi Apel. Semoga artikelnya bermanfaat dan lekas sembuh, by kolom herbal

baca juga :

Cara Mendorong Batu Empedu Keluar Dengan Konsumsi Apel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.