Cara Sederhana Mengatasi Pendarahan Pada Pasien Hemofilia

Cara Sederhana Mengatasi Pendarahan Pada Pasien Hemofilia,- Pada manusia yang normal, ketika terjadi luka atau pendarahan tubuh akan melakukan reaksi menghentikan pendarahan tersebut. Proses tersebut berlangsung cepat namun tetap tergantung pada luas luka, kedalaman luka dan pembuluh darah yang bocor. Namun ketika pendarahan terjadi pada pasien hemofilia, pendarahan ini akan sulit sekali untuk di hentikan.

Cara Sederhana Mengatasi Pendarahan Pada Pasien Hemofilia

Cara Sederhana Mengatasi Pendarahan Pada Pasien HemofiliaKetika terjadi pendarahan pada pasien hemofilia, tanpa adanya penanganan yang cepat dan tepat akan menyebabkan bahaya bagi penderitanya. Darah yang terus mengalir tanpa bisa dihentikan akan menyebabkan pendarahan akut yang selanjutnya akan mengganggu hemodinamik atau kestabilan peredaran darah. Jika pendarahan tersebut terjadi terjadi di ruang tertutup seperti sendi, akan menyebabkan kecacatan sendi permanen.

Pada artikel kesehatan kali ini, saya selaku penulis akan memberikan tips sederhana untuk mengatasi pendarahan pada pasien hemofilia sebelum di bawa ke rumah sakit, agar pendarahan paling tidak bisa dikurangi untuk mencegah kemungkinan fatal.

  • Istirahatkan

Untuk mengatasi pendarahan yang terjadi, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengistrahatkan sendi atau bagian tubuh luka. Letakkan lengan atau kaki yang mengalami pendarahan ke atas bantal, jangan sekali-kali menggerakan bagian tubuh yang luka tersebut, karena jika di gerakan pendarahan akan semakin banyak.

  • Kompres Menggunakan Air Dingin atau ES

Cara yang kedua yaitu dengan menempelkan ES pada area tubuh yang mengalami pendarahan namun jangan langsung menggunakan ES batu, Anda bisa membalutnya dengan menggunakan handuk. Letakkan Es yang telah di balut handuk pada bagian tubuh yang luka selama 5 dan lakukan hal tersebut berulang-ulang selama bagian yang terluka masih terasa panas. Tindakan ini berguna untuk meringankan rasa sakit sekaligus memperlambat laju pendarahan.

  • Berikan Tekanan

Gunakan perban elastis untuk membalut persendian yang luka, tekanan yang tidak terlalu keras dari perban elastis tersebut dapat memperlambat laju pendarahan dan menyokong persendian. Gunakan cara ini pada pendarahan otot, terutama bila terjadi pendarahan pada syaraf.

  • Meningggikan Posisi Luka

Letakkan bagian tubuh yang mengalami pendarahan ke posisi yang lebih tinggi dari jantung, tindakan ini akan menurunkan tekanan pada bagian yang terluka sehingga dapat memperlambat laju keluarnya darah.

Itulah langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk membantun mengatasi pendarahan pada pasien hemofilia sebelum dengan perawatan medis. Jika Anda terdiagnosis menderita hemofilia, hindarilah aktivitas berat yang melibatkan kontak fisik seperti olahraga beladiri atau sepak bola. Segera hubungi tim medis jika pendarahan masih terus berlangsung meskipun telah melakukan cara-cara di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Cara Mengobati Hemofilia

Cara Sederhana Mengatasi Pendarahan Pada Pasien Hemofilia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *