Cara Penyebaran / Penularan Cacing Kremi

Cara Penyebaran / Penularan Cacing Kremi Pada Anak Maupun Orang Dewasa

Cara Penyebaran / Penularan Cacing Kremi,- Anus sering gatal merupakan tanda pertama yang muncul jika terkena cacingan dari cacing kremi. Tidak hanya virus, infeksi cacing kremi juga ternyata bersifat menular. Bagaimana bisa? Yuk kita lihat Cara Penyebaran / Penularan Cacing Kremi disini !!

Cara Penyebaran / Penularan Cacing Kremi

Cara Penyebaran / Penularan Cacing Kremi

Infeksi cacing kremi awalnya terjadi di dalam usus. Keberadaan cacing kremi tidak hanya selalu tinggal di dalam tubuh, namun cacing ini akan bertelur kemudian telur tersebut akan menyebar melalui kotoran bahkan dapat hidup dalam waktu yang lama di permukaan suatu benda di luar tubuh.

Inilah cara penularan cacing kremi yang seringkali tidak ketahui, namun sekarang wajib bagi anda mengetahuinya disini !!

Cacing kremi bisa hidup di sprei tempat tidur. Hal ini sering pada cacing kremi betina yang mana umumnya akan bertelur saat seseorang yang terinfeksi sedang tidur di malam hari. Telur tersebut dapat bertahan 2 sampai 3 minggu pada sprei juga permukaan lain. Sehingga untuk mencegah penyebar pada keluarga, sebaiknya untuk mencuci sprei gunakan dalam wadah terpisah dari pakaian atau cucian lainya. Gunakan air hangat saat mencuci sprei untuk mencegah penyebaran infeksi.

Tidak hanya pada benda seperti sprei, cacing kremi juga sangat senang berada terutama di balik kuku yang panjang saat kita sedang menggaruk bagian anus yang sangat gatal. Jika cacing kremi hidup di balik kuku, telur cacing dapat dengan mudah akan masuk ke mulut saat kita makan menggunakan tangan. Sehingga untuk mencegahnya, selain penting menjaga kuku tetap pendek dan bersih. juga hindari menggaruk anus serta menggigit kuku.

Karena bersifat menular, maka hindari kebiasaan berbagi pakaian, terutama handuk pada seseorang yang tidak terinfeksi cacing atau pada seseorang yang sudah terkena infeksi cacing. Hal ini biasanya dialami anak-anak yang sudah bermain kotor-kotoran atau sengaja untuk mandi di rumah temannya, mereka sangat senang dalam situasi mandi bersama. Sehingga ibu anak akan memberinya berupa pinjaman mulai dari handuk hingga pakaian.

Disamping infeksi cacing mudah menyebar, namun masih ada kabar baiknya jika anda seorang yang hobi berenang. Infeksi cacing kremi lebih tidak berisiko menyebar di dalam kolam renang. Hal ini selain dilindungi oleh klorin, kalaupun ada telur cacing, jumlahnya tidak signifikan dibandingkan banyaknya volume air di dalam kolam renang. Jika anda memiliki hewan piaraan, cacing kremi yang anda alami bukan ditularkan dari hewan. Karena cacing kremi E. vermicularis hanya dapat hidup dalam tubuh manusia, tidak dalam tubuh hewan.

Kehadiran cacing kremi yang bersarang dalam tubuh tidak boleh diabaikan begitu saja, banyak bahaya tersembunyi yang diakibatkan dari cacing kremi. Baca disini =>DAMPAK CACING KREMI PADA KESEHATAN

Adapun beberapa tips yang sangat dianjurkan untuk mencegah infeksi cacing berulang, antara lain :

  • Menghindari penggarukan daerah anus karena bisa mencemari jari-jari tangan dan setiap benda yang dipegang/disentuhnya
  • Mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar
  • Memotong kuku dan menjaga kebersihan kuku
  • Mencuci peralatan-peralatan yang berkontak dengan penderita
  • Mencuci seprei secara rutin, minimal 2 kali/minggu
  • Mencuci jamban setiap hari

Demikian sedikit ulasan mengenai Cara Penyebaran / Penularan Cacing Kremi. Semoga bermanfaat dan salam sehat, by kolom herbal

Cara Penyebaran / Penularan Cacing Kremi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.