Ciri Fisik Infeksi Helicobacter Pylori

Penting kita ketahui tentang Ciri Fisik Infeksi Helicobacter Pylori sejak dini, serta seberapa bahaya dan langkah penanganan yang harus kita lakukan. Pada sebagian orang mungkin sudah tahu, apa saja dampak ketika helicobacter menyerang tubuh kita.

Ciri Fisik Infeksi Helicobacter Pylori Pertanda Umum Penyakit Lambung

Ciri Fisik Infeksi Helicobacter Pylori

Helicobacter pylori adalah salah satu jenis bakteri berbentuk spiral yang sangat rentan masuk ke tubuh dan bertahan hidup di saluran pencernaan. Meskipun perut kita dilapisi dengan lapisan pelindung sehingga menjaganya dari infeksi bakteri, H. pylori mengeluarkan yang disebut urease, yang mengubah kimia menjadi amonia. Produksi amonia ini berfungsi dalam menetralkan keasaman lambung serta membuatnya lebih ramah terhadap bakteri.

Pada sebagian orang yang mengalami penyakit maag bukanlah sebagai penyakit serius yang dengan cepat sembuh setelah diberikan pengobatan tertentu. Namun, keberadaannnya dalam jangka panjang, menyebabkan kerusakan atau masalah infeksi pada usus kecil dan lambung seperti sakit maag, radang lambung atau gastritis, bahkan sampai pada peningkatan terkena risiko kanker lambung.

Penyakit maag ini terbukti memberi gangguan dalam kehidupan bahkan bisa membuat penderitanya tidak mampu melakukan aktivitas secara normal. Sangat mudah untuk mendapatkan Helicobacter pylori, penyebarannya bisa mulai dari makanan, air serta peralatan yang terkontaminasi. Tidak hanya pada orang dewasa yang bisa mengalami adanya helicobacter pilory atau bahkan lebih banyak terjadi pada anak-anak.

Seringkali tidak disadari ketika tubuh sudah mendapatkan bakteri tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, bakteri dapat terus tumbuh dan banyak menyebabkan kerusakan dalam tubuh dengan munculnya sejumlah gejala baik pada anak maupun orang dewasa, termasuk diantaranya ;

  1. sering bersendawa
  2. perut kembung
  3. rasa mual dan ingin muntah
  4. perut tidak nyaman, sehingga saat beraktivitas mudah terganggu
  5. kelelahan
  6. anemia (jumlah sel darah rendah)
  7. nafsu makan menurun
  8. diare
  9. bau mulut
  10. sensasi terbakar di perut
  11. berat badan menurun

Seperti yang sudah dikatakan di atas, peradangan parah pada lapisan lambung atau gastritis dapat mengembangkan masalah lebih buruk lagi, dimana merusak kelenjar yang dihasilkan asam lambung serta berada pada peningkatan risiko kanker lambung di kemudian hari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya cara untuk menghentikan dari pertumbuhan bakteri H. pylori perubahan dalam segi makan dengan memenuhi makanan yang mengandung probiotik, banyak asupan cairan, mengkonsumsi sayuran sehat seperti brokoli, toge, sumber asam lemak omega 3, buah berries termasuk stroberi, raspberry, blueberry, makanan kaya vitamin A, makanan dengan serat yang tinggi dan lainnya.

(* baca juga : makanan yang harus dihindari penderita radang lambung

Sedangkan masih ada juga beberapa pantangan makanan, supaya kerusakan akibat infeksi helicobacter pylori semakin tidak memburuk termasuk dengan menghindari makanan asam terutama jeruk, menghilangkan makanan pedas dan lainnya. Karena sifat bakteri itu menular, selain dari pola asupan makanan yang harus diperhatikan kebersihan seseorang juga harus diperhatikan, seperti dengan selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir baik setelah menggunakan kamar mandi, mau memulai sesuatu pekerjaan atau sesudah melakukan pekerjaan.

Jika gejala yang dihasilkan dari adanya helicobacter pylori terus berulang, sebaiknya diberikan penanganan dari sekarang untuk mencegah berbagai komplikasi terjadi dan mempersulit penyembuhan. Demikian sedikit ulasan informasi Ciri Fisik Infeksi Helicobacter Pylori yang harus disadari dari sekarang, sehingga tubuh bisa terjaga dari ancaman berbagai penyakit. Semoga bermanfaat dan salam sehat, by kolom herbal

Ciri Fisik Infeksi Helicobacter Pylori

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.