Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal Bengkak

Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal Bengkak,- Secanggih dan sebaik apapun pengobatan yang dilakukan, jika tidak disertai dengan pola hidup yang sehat dan seimbang tetap saja akan terbilang percuma. Apalagi bagi Anda yang mengalami keluhan dengan ginjal bengkak, hal ini merupakan faktor pendukung untuk memperlancar proses penyembuhan yang sedang Anda jalani.

Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal Bengkak

Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal BengkakDisiplin tinggi memang sangat di butuhkan guna untuk membantu proses penyembuhan ginjal yang membengkak. Salah satu disiplin yang harus benar-benar dilakukan oleh para penderita ginjal bengkak adalah disiplin dalam hal memilih jenis makanan.

Kriteria makanan yang yang harus dihindari oleh penderita ginjal bengakak :

  1. Membatasi ciran
  2. Makan diet rendah protein
  3. Membatasi garam, kalium, fosfor dan elektron lain
  4. Mendapatkan cukup kalori jika Anda kehilangan berat badan.

Untuk membantu proses penyembuhan ginjal bengkak, disarankan Anda untuk mengkonsumsi makanan seperti :

  • Buah Apel
    Apel menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi penderita ginjal bengkak karena dapat membantu mengeluarkan racun dan membersihkan ginjal. Dengan catatan, konsumsi apel harus dengan jumlah setengahnya dari satu buah, karena apel mengandung banyak cairan.
  • Anggur Merah
    Anggur juga memiliki sifat yang sama dengan apel yaitu sebagai detoksifikasi atau pembersih. Tapi konsumsi buah ini juga harus dibatasi misalnya hanya dua sampai tiga buah saja perhari dikarenakan mengandung banyak air.
  • Ikan
    Penderita penyakit ginjal tidak boleh mengkonsumsi banyak protein. Maka dari itu, daging-dagingan seperti daging merah, ayam, udang dan lainnya dilarang untuk dikonsumsi. Sebagai gantinya yaitu dengan mengkonsumsi daging ikan yang kaya akan omega 3 seperti ikan salmon, ikan makarel dan ikan tuna.
  • Putih Telur
    Putih telur adalah protein murni dan memberikan kualitas teringgi dari protein dengan semua asam amino esensial. Untuk diet ginjal, putih telur menyediakan protein dengan fosfor kurang dari sumber protein lain seperti kuning telur dan daging.
  • Kecambah
    Kecambah atau toge bisa menjadi salah satu sayur yang dapat dikonsumsi penderita ginjal bengkak, karena dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal.
  • Bawang Merah
    Bawang merah dapat menjadi penghilang racun dalam tubuh dan membersihkan ginjal. Selain itu bawang merah juga dipercaya dapat menjadi obat bagi penderita batu ginjal.
  • Bawang Putih
    Memang tidak sulit menemukan bahan makanan ini di berbagai menu makanan. Namun silahkan perbanyaklah jumlah bawang putih dalam menu makanan diet anda yang menderita penyakit ginjal. Karena bawang putih dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah. Selain itu bawang putih yang tidak terlalu diolah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan.
  • Paprika Merah
    Para ahli kesehatan banyak yang menyarankan untuk memasukan bahan makanan yang satu ini ke dalam menu makanan kita sehari-hari. Sebab paprika berwarna merah dapat membatu meringankan penyakit ginjal dan jga mencegah penyakit kanker tumbuh dalam tubuh kita.
  • Kubis atau Labu
    Kubis memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal dan membuat ginjal menjadi lebih sehat. Karena penderita penyakit ginjal lebih baik menghindari nasi, ubi, kentang, gandum, maka kubis dapat menjadi karbohidrat pengganti.
  • Aneka Rempah-Rempah
    Meski penderita penyakit ginjal sangat dibatasi dalam menyantap makanan dan jumlah kalori, tetapi makanan yang dikonsumsi masih dapat dicampur dengan aneka rempah-rempah khususnya jahe, kunyit dan ketumbar.
  • Buah Ceri
    Buah ini sangat baik untuk mencegah anti-oksidan dan dapat bertindak sebagai anti-inflamasi. Buah ceri baik dikonsumsi penderita ginjal bengkak karena ceri tidak memiliki banyak protein.
  • Raspberry
    Kandungan phytonutrient yang dikenal dengan asam ellagic dapat membantu ginjal lebih rusak dengan menetralkan radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel.
  • Strowberry
    Strowberry kaya akan dua jenis fenol, anthocyanin dan ellagitannins. Anthocyananins memberikan warna merah Strowberry dan merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi struktur sel tubuh dan mencegah kerusakan oksidatif. Strowberry merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, mangan serta sumber yang sangat baik dari serat. Strowberry memberi perlindungan terhadap jantung, serta anti-kanker dan komponen anti-inflamasi.
  • Yoghurt
    Yoghurt dapat dimasukan menjadi salah satu mineral karena mengandung prabiotik yang mampu menyehatkan ginjal dan mengusir bakteri jahat. Tetapi tentu harus perlu diperhatikan takarannya.
  • Minyak Zaitun
    Ada banyak jenis minyak yang dapat dikonsumsi tetapi minyak dari buah zaitunlah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, juga asam lemak di mana membantu menyehatkan organ ginjal.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita ginjal bengakak dan bisa Anda tambahkan dalam menu makanan sehari-hari. Tetapi dalam mengkonsumsi jenis makanan tersebut harus tetap dalam batas normal agar tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Untuk Anda yang ingin melakukan pengobatan ginjal bengkak, kami pastikan Anda berada di website yang tepat dalam menyembuhkan ginjal bengkak yang sedang Anda derita. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi Obat Tradisional Ginjal Bengkak

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

By Kolom Herbal

Simak juga : List Makanan untuk Penderita Epilepsi

Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Ginjal Bengkak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *