Dampak Gangguan Penyakit Hati Pada Kesehatan Otak

Dampak Gangguan Penyakit Hati Pada Kesehatan Otak,- Hilangnya fungsi pada otak dapat terjadi saat hati tidak mampu mengeluarkan racun dari darah. Di mana kondisi ini sering dikenal pula sebagai ensefalopati hepatik yang bisa terjadi secara tiba² atau berkembang perlahan seiring berjalannya waktu.

Hubungan hati dan otak

Fungsi otak sangat bergantung pada beberapa aspek fungsi hati normal. Misalnya hati memasok nutrisi tertentu ke otak yang otaknya sendiri tidak mampu diproduksi. Hati berperan membersihkan darah zat yang bisa merusak sel otak yaitu neurotoksin. Meskipun otak terlindungi dari banyak zat neurotoksik oleh penghalang yang dimiliki oleh pembuluh darah di otak sebagai pencegah banyak senyawa dari darah ke jaringan otak. Namun beberapa neurotoksin tertentu dapat menembus penghalang itu. Zat ini termasuk amonia, mangan dan bahan kimia lainnya yang bisa masuk ke otak setidaknya sampai batas tertentu kecuali jika dikeluarkan  secara efektif dari darah oleh hati.

Ketahui Yuk, Dampak Gangguan Penyakit Hati Pada Kesehatan Otak Disini..

Dampak Gangguan Penyakit Hati Pada Kesehatan Otak

Pada penderita dengan fibrosis atau sirosis yang dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol atau faktor yang berlebihan sepertit virus atau racun, hati kehilangan kapasitas kemampuannya untuk mengeluarkan zat beracun dari darah karena jumlah sel hati fungsional yakni hepatosit telah menurun. Selain itu, mereka juga mengalami beberapa darah yang biasanya mengalir melalui vena porta ke hati untuk pembesihan dialihkan langsung ke sirkulasi umum tanpa terlebih dahulu melewati hati. Akibatnya, kondisi ini tidak terdetoksifikasi dan kadar zat beracun dalam darah meningkat.

Perlu kalian ketahui pula, efek berbahaya dari penggunaan alkohol tidak hanya banyak menyebabkan gangguan pada fungsi normal hati, namun juga mempengaruhi organ jauh termasuk otak. Disfungsi yang berkepanjangan akibat konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan pada risiko perkembangan kelainan otak serius yang bahkan dapat berpotensi fatal yang dikenal sebagai ensefalopati hati (HE). Tingkat neurotoksin yang terus meningkat merusak sel otak dan pasien mulai mengembangkan kondisi yang disebut HE, yang merupakan faktor penyebab utama disfungsi kognitif pada pecandu alkohol dengan penyakit hati berat. Pada pasien dengan HE biasanya mengalami tanda dan gejala gangguan tidur, perubahan mood dan kepribadian, efek kognitif yang parah, kondisi kejiwaan seperti kecemasan dan depresi, gangguan motorik dan lainnya. Dalam kondisi ini, hati tidak bisa mengeluarkan racun dari darah secara memadai. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan penumpukan racun di aliran darah yang dapat memicu pada kerusakan otak.

(* Baca Juga : Makanan Sehat Sumber Kinerja Hati Kembali Normal

Dalam beberapa kasus yang mengalami ensefalopati hati menjadi tidak responsif dan mengalami koma. Kondisi ini bisa bersifat permanen atau berulang. Mereka yang memiliki versi berulang akan memiliki beberapa episode ensefalopati hepatik sepanjang hidup mereka. Mereka juga memerlukan perawatan terus menerus untuk membantu mencegah perkembangan gejala. Kasus rekuren biasanya terlihat pada orang dengan sirosis parah (jaringan parut pada hati).

Begitu seseorang mengalami kerusakan hati, episode fungsi otak yang memburuk dapat dipicu oleh;

  1. Cairan pada tubuh yang rendah
  2. mengkonsumsi terlalu banyak protein
  3. Kadar potassium atau sodium rendah
  4. Perdarahan dari usus, perut, atau kerongkongan
  5. Infeksi
  6. Masalah ginjal
  7. Tingkat oksigen rendah di tubuh
  8. Penempatan shunt atau komplikasi operasi

Demikian sedikit ulasan mengenai Dampak Gangguan Penyakit Hati Pada Kesehatan Otak Pada Anak dan Dewasa. Semoga informasinya bermanfaat..

Salam sehat, by Agen Resmi Qnc Jelly Gamat

Dampak Gangguan Penyakit Hati Pada Kesehatan Otak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *