Faktor Gula Darah Tiba-Tiba Melonjak Tinggi

Faktor Gula Darah Tiba-Tiba Melonjak Tinggi

Faktor Gula Darah Tiba-Tiba Melonjak Tinggi sudah menjadi pertanda anda semakin dekat dengan penyakit yang dikenal dengan diabetes. Gula atau zat glukosa dalam darah disebut gula darah. Kadar gula darah yang normal pada tubuh penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh tetap optimal.

Faktor Gula Darah Tiba-Tiba Melonjak Tinggi

Namun ketika terjadi ketidakstabilan pada kadar gula darah yang terlalu tinggi atau rendah, kondisi ini bisa memberikan banyak dampak buruk baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk itu penting untuk mengetahui apa saja faktor penyebab gula darah menjadi tinggi, untuk mencegah resiko buruknya, berikut diantaranya ;

Apa anda penyuka makanan manis? mengapa? Makanan manis identik mengandung banyak gula dalam campurannya. Jika dikonsumsi terlalu berlebihan, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin untuk memproses gula tersebut. Kemudian akan menyebabkan lebih banyak membran seluler yang membuka untuk penyerapan glukosa darah ke dalam sel. Sehingga glukosa akan diserap ke dalam sel dan otomatis berpengaruh terhadap konsentrasi glukosa dalam tetes darah hingga menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi.

resistensi insulin yang terjadi pada tubuh seseorang, akan ada hanya sedikit membran sel yang terbuka sehingga tidak mampu mendeteksi insulin dengan baik. Glukosa dan insulin akan tetap utuh dalam darah sementara beberapa sel akan kekurangan asupan glukosa.  Insulin berfungsi menyebarkan gula dalam darah ke seluruh sel-sel tubuh agar bisa diproses menjadi energi.

Adanya gangguan pada pankreas salah satu pemicu gula darah naik. Sel-sel pankreas yang berfungsi melepaskan insulin dalam darah. Terkadang mereka bisa lemah jika insulin yang diproduksi terlalu berlebihan salah satunya karena terlalu banyak makan makanan manis.

Ketika fungsi sel² pankreas menurun, sel ini tidak mampu untuk menghasilkan insulin yang diperlukan untuk memproses glukosa bahkan dalam kadar normal sekalipun. Inilah yang akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan gula darah.

Agar terhindar dari bahaya diabetes karena gula darah yang tidak terkontrol, sebaiknya selalu mengukur kadar gula darah dengan alat glucose meter yang bisa digunakan untuk menguji gula darah anda sebelum dan beberapa jam setelah makan. Seperti jika anda mengkonsumsi makanan karbohidrat kompleks, dia akan diserap secara perlahan dalam sel. Jadi glukosa anda perlu diuji 3 sampai 4 jam setelah makan berkabohidrat tinggi untuk bisa menilai apa saja dampak yang dtimbulkan setelahnya, apakah makanan yang baru saja kita makan berpengaruhkah terhadap kadar gula darah tubuh atau tidak. Adanya hal ini bisa membantu anda untuk lebih selektif dalam memilih makanan selanjutnya.

Tidak hanya itu, mengurangi porsi besar disetiap makan juga penting untuk mencegah anda dari risiko obesitas. Ketahui, obesitas adalah salah satu faktor penyebab meningkatkan anda terkena diabetes. Kadar gula darah Anda dikatakan terlalu tinggi jika melebihi angka 200 mg/dL. Adapun ciri-ciri jika tubuh memiliki kadar gula terlalu tinggi di atas  200 mg/dL, seseorang sering merasa haus atau dehidrasi, ingin terus makan disetiap waktu, badan terasa sangat lelah, bobot tubuh yang berkurang serta sering buang air kecil.

Itulah sedikit informasi penting beberapa kondisi faktor gula darah tiba-tiba melonjak tinggi. Semoga artikelnya bermanfaat, sehingga bisa kita waspadai dari sekarang dengan selalu memperhatikan kadar gula darah dalam tubuh dari saat ini juga. Salam sehat, by kolom herbal

baca juga : KOMPLIKASI AKIBAT DIABETES MELLITUS

Faktor Gula Darah Tiba-Tiba Melonjak Tinggi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.