Gagal Ginjal Pada Anak, Ini 6 Solusi Para Orang Tua

Gagal Ginjal Pada Anak, Ini 6 Solusi Para Orang Tua,- Memiliki penyakit ginjal bukanlah kemauan semua orang, terutama pada anak. Penyakit ginjal mempengaruhi anak dalam banyak cara, diantaranya mereka perlu perawatan salah satunya obat-obatan, dan diet khusus. Selain itu tantangan pada lingkungan sekitar, khususnya sekolah. Berikut adalah beberapa tips bagi para orang tua dalam menghadapi anak yang memiliki gagal ginjal.

Gagal Ginjal Pada Anak, Ini 6 Solusi Para Orang Tua

Apakah saya bisa memberikan ginjal pada anak saya?

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin memberikan yang terbaik demi kesembuhan buah hati kita. Salah satunya ialah mendonorkan salah satu ginjal anda, donor ginjal biasanya melibatkan satu anggota keluarga, seperti : orangtua, kakak, atau adik. Dan hal itu dapat dilakukan pada orang yang betul-betul sehat, dan dapat hidup normal walaupun hanya dengan satu ginjal. Melihat resiko yang besar dalam mengambil langkah ini, ada baiknya anda berkonsultasi dahulu dengan tim medis terkait, apakah langkah tersebut merupakan langkah terbaik yang menjadi pilihan satu-satunya bagi anda dan anak anda.

Apakah anak saya dapat tumbuh normal?

Ginjal memainkan peranan penting dalam pertumbuhan anak anda, sehingga pertumbuhannya akan sedikit terganggu. Dalam masalah yang lebih buruk biasanya akan membuat mereka merasakan sakit, bermasalah pada indra perasa dan berkurangnya nafsu makan.

Sangat penting bagi anda para orangtua untuk memastikan anak anda terpenuhi gizinya yang cukup. Konsultasikan dengan dokter anak anda untuk mendapatkan solusi dalam membantu meningkatkan pertumbuhan anak. Seperti mengambil suplemen dan membatasi makanan tertentu, beberapa anak juga mendapatkan manfaat dari suntikan hormon pertumbuhan.

Apakah anak saya dapat masalah bersosialisasi dengan teman-temannya?

Anak-anak dengan penyakit ginjal mempunyai kekhawatiran yang alami, bahwa penyakit ginjal membuat mereka berbeda dari anak-anak yang lain. Anak-anak akan merasa kurang percaya diri jika mereka terlihat lebih kecil dari usia mereka dan penampilan yang berubah (akibat dari kondisi dan pengobatan), Kita sebagai orang tua harus terus mensupport atau mendorong anak untuk mau bertemu anak-anak lain dan berteman tanpa harus malu ataupun minder.

Olahraga apakah bisa membantu?

Secara umum, olahraga dan latihan sangat bagus untuk anak-anak dengan penyakit ginjal, namun mereka mungkin akan lebih cepat bosan dibandingkan anak-anak lain. Sebagai orang tua mendorong anak untuk melakukan kegiatan bersama teman-temannya juga dianjurkan. Namun jika sudah melakukan transplantasi jantung, tidak dianjurkan untuk mengikuti kegiatan seperti berenang, anak-anak dengan penyakit ginjal juga harus menghindari olahraga, yang berdampak negatif pada penyakitnya.

Siapa yang bisa membantu memberikan solusi ?

Para dokter, perawat, psikolog, guru bisa menjadi beberapa orang yang dapat membantu memberikan solusi untuk penyakit ginjal anak anda.

Bagaimana saya menjelaskan penyakit ginjal pada anak saya yang lain?

Terkadang anak yang memiliki penyakit ginjal akan merasa khawatir dan merasa ditinggalkan. Berikan pengertian pada anak anda bahwa janganlah berpikiran seperti itu, karena keluarga merupakan satu kesatuan yang tidak akan meninggalkan satu sama lain.

Wajar bagi para orang tua khawatir dengan penyakit ginjal yang diderita anak mereka. Tak sedikit orang tua yang memiliki banyak pertanyaan mengenai kesehatan anak mereka. Semoga pembahasan artikel Gagal Ginjal Pada Anak, Ini 6 Solusi Para Orang Tua kali ini dapat membantu anda dalam menjawab sedikit pertanyaan anda selama ini. Berikan selalu perhatian khusus agar anak merasa lebih percaya, dan lakukan konsultasi pada tim medis terkait serta lakukan pengobatan demi hasil terbaik.

Artikel yang disarankan : Cara Mengobati Gagal Ginjal Akut

Salam sehat,

Posted by : http://www.kolomherbal.com

Gagal Ginjal Pada Anak, Ini 6 Solusi Para Orang Tua

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *