Gejala Dan Penyebab Flu Burung Yang Anda Ketahui

Gejala Dan Penyebab Flu Burung Yang Anda Ketahui

Gejala Dan Penyebab Flu Burung,- Apakah anda sedang mencari informasi tentang Gejala Dan Penyebab Flu Burung? jika iya, anda tepat sekali datang ke situs ini, karena disini semuanya ada. Mulai dari penjelasan mengenai berbagai penyakit dan pengobatan herbal yang direkomendasikan untuk berbagai kronis dan non kronis.

Sebelumnya saya sudah membahas informasi kesehatan tentang Ciri-Ciri flu Burung Pada Manusia Yang Harus Diketahui. Nah, kali ini saya akan memberikan informasi kepada anda semua mengenai Gejala Dan Penyebab Flu Burung. Ingin tahu apa saja gejala dan penyebab dari flu burung ini? kalau begitu mari simak penjelasan berikut ini.

Flu Burung

Flu burung adalah suatu penyakit yang termasuk ke dalam jenis influenza. Penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang di tularkan dari unggas ke manusia. Penyakit ini tidak langsung muncul sesaat virus masuk ke tubuh manusia. Setidaknya butuh waktu sekitar 3-7 hari sebelum gejala awal nya muncul. Seseorang yang terjangkit penyakit ini akan memunculkan Ciri-Ciri Flu Burung Pada Manusia.

Gejala Dan Penyebab Flu Burung Gejala Flu Burung

Pada masa inkubasi virus dari masuk ke tubuh manusia sampai menimbulkan gejala adalah 3-5 hari. Seseorang yang terkena flu burung akan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, pegal-pegal, pilek, batuk, dan sesak. Namun sebelum gejala tersebut muncul, ada juga penderita flu burung yang terlebih dahulu mengalami gejala seperti berikut ini :

  • Muntah
  • Diare
  • Mimisan
  • Sakit Perut
  • Nyeri Dada
  • Gusi Berdarah

Pengobatan Flu burung harus di lakukan secepat mungkin. Jika tidak, penyakit ini akan sangat berpotensi menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa penderitanya, seperti :

  1. infeksi Paru-paru
  2. Acute Respiratory Distress Syndrome
  3. Gagal multi organ seperti gangguan jantung dan disfungsi ginjal

Penyebab Flu Burung

Virus flu burung merupakan virus influenza yang sebenarnya menyerang unggas, baik itu unggas liar maupun unggas peternakan (ayam, bebek, angsa, atau burung). Infeksi virus flu burung terhadap manusia pertama kali dilaporkan pada tahun 1997 dengan jenis virus H5N1. Jenis lain yang juga dapat menginfeksi manusia adalah virus influenza H7N9, yang pertama kali dilaporkan pada tahun 2013. Beberapa jenis virus flu burung lainnya yang dapat menyerang manusia, antara lain H9N2, H7N7, H6N1, H5N6, dan H10N8.

Flu burung menular melalui kontak langsung dengan unggas yang sakit atau lingkungan yang terkontaminasi, seperti:

  • Menyentuh unggas yang telah terinfeksi, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati.
  • Kontak dengan cairan tubuh unggas yang sakit, misalnya ludah. Atau tidak sengaja menghirup percikan cairan tubuh tersebut.
  • Kontak dengan debu dari kotoran unggas sakit yang telah mengering atau menghirupnya.
  • Menyantap daging atau telurnya dengan tidak dimasak sampai benar-benar matang. Makan daging dan telur yang matang tidak akan membuat Anda tertular virus flu burung.

Selain itu, bahaya yang sama juga mengintai apabila kita mengunjungi pasar unggas dengan tingkat kebersihan yang buruk. Penularan dari orang ke orang belum jelas mekanismenya.

Flu burung H5N1 sampai dengan Oktober 2017 telah menjangkit 860 orang di seluruh dunia dan menyebabkan kematian kepada 454 orang. Di Indonesia sendiri, kasus flu burung pada manusia pertama kali menyebar pada tahun 2005. Sampai dengan Oktober 2017 terdapat 200 laporan kasus flu burung H5N1 di Indonesia, dengan 168 kematian.

Komplikasi Flu Burung

Salah satu komplikasi yang bisa terjadi pada kasus flu burung adalah pneumonia. Tambahan oksigen dan alat bantu napas atau ventilator akan dibutuhkan pada pasien yang mengalami pneumonia dengan kesulitan bernapas. Selain itu, pemberian obat-obatan antibiotik akan diberikan sampai pneumonia sembuh.

Nah, itulah penjelasan saya kali ini mengenai Gejala Dan Penyebab Flu Burung Yang Anda Ketahui. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat untuk anda semua dan bisa memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.