Intip Yuk, Khasiat Kunyit Untuk Vitiligo

Intip Yuk, Khasiat Kunyit Untuk Vitiligo,- Tapi sebelumnya, mari kita pahami terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai penyakit kulit vitiligo.

Vitiligo adalah penyakit kelainan kulit, dimana pigmen kulit hilang di daerah tertentu, seperti perubahan warna kulit dan terdapat patch putih pada kulit. Hal ini terjadi ketika sel-sel kulit tidak dapat berfungsi secara tepat atau ketika mereka mati. Meskipun banyak faktor penyebab vitiligo, namun penyebab yang jelas masih belum diketahui. Vitiligo umumnya terjadi pada daerah sekitar wajah, siku, lutut, pergelangan tangan, tangan, kaki, dll.

Untuk mengatasinya, banyak penderita yang mencari obat vitiligo di apotik. Tapi, tahukah Anda, bahwa di sekitar kita pun terdapat bahan alami yang mampu memaksimalkan proses penyembuhan vitiligo. Apa itu?? Jawabannya adalah kunyit.

Kunyit

Intip Yuk, Khasiat Kunyit Untuk Vitiligo

Kunyit, merupakan rempah-rempah asli India, yang telah digunakan sejak lama untuk mengobati gangguan kulit, serta membantu mencerahkan warna kulit secara tradisional. Kunyit dibudidayakan di India dan pada wilayah Asia Tenggara lainnya termasuk Indonesia, selain sebagai obat, kunyit juga sering digunakan sebagai bumbu masak.

Khasiat Kunyit Untuk Vitiligo

Berdasarkan studi penelitian dan uji klinis menyatakan bahwa penggunaan kunyit sebagai obat vitiligo sangat minim. Tetapi kali ini kami akan mengevaluasi peran kunyit atas dasar temuan teoritis tentang sifat obat dan bukti dari literatur Ayurvedic.

Berikut ini beberapa sifat kunyit secara teoritis yang dapat membantu dalam menyembuhkan dan mengendalikan vitiligo :

  • Sifat Antioksidan

Stres oksidatif pada vitiligo menyebabkan peningkatan produksi hidrogen peroksida dan spesies oksigen reaktif dalam kulit. Peran kunyit, terutama kandungan curcumin sebagai khasiat antioksidan dengan cara sebagai berikut :

  1. Pemulungan spesies oksigen reaktif
  2. Menghambat peroksida lipid
  3. Peningkatan kadar enzim antioksidan dan penurunan gejala yang mengakibatkan stres oksidatif.
  4. Modulasi protein Nrf2 yang mengatur respon antioksidan tubuh.

Berdasarkan mekanisme tersebut, dapat disimpulkan bahwa kunyit dapat mengontrol stres oksidatif pada vitiligo, mencegah perkembangan dan memfasilitasi repigmentation.

  • Sifat Anti-Inflamasi

Kunyit disebut sebagai anti-inflamasi, sehingga kunyit dapat membantu mengendalikan peradangan pada vitiligo, meskipun kasus vitiligo jarang terjadi peradangan.

  • Sifat Regeneratif

Curcumin, merupakan komponen utama dari kunyit yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, membantu dalam memperbaiki kulit. Sifat regeneratif pada kunyit sangat berguna untuk mengobati vitiligo.

Tips Menggunakan Masker Kunyit Untuk Vitiligo

Bahan :

  • 5 sendok teh bubuk kunyit
  • 250ml minyak mustard

Cara Membuat :

Campurkan 5 sendok teh bubuk kunyit dan 250ml minyak mustard pada satu wadah, campur sampai merata. Oleskan campuran ini pada bercak putih dua kali sehari dan lakukan secara rutin selama 12-15 bulan maksimal.

Waspada

Perhatian !! Konsultasikan terlebih dahulu pada tim medis terkait, jika akan menggunakan metode ini. Karena akan menyebabkan efek berbahaya jika berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Hindari penggunaan metode kunyit jika anda sedang mengalami kondisi, berikut :

  • Kehamilan dan Menyusui.
  • Batu Empedu.
  • Diabetes, terutama jika sudah mengkonsumsi obat pengencer darah.
  • Sebelum proses bedah atau operasi.
  • Mengkonsumsi yang mengandung sifat pengencer darah dan antasida.

 

Vitiligo mempengaruhi kurang dari 1% penduduk di dunia, tetapi pada penduduk dengan ras tertentu dapat mempengaruhi 2-16% pada setiap orang. Lakukan konsultasi dengan tim medis terkait dan segera lakukan pengobatan, sebelum terjadi penyebaran yang parah. Karena jika dibiarkan dan tidak ditanggani dengan tepat akan beresiko menjadi kanker kulit. Semoga artikel Khasiat Kunyit Untuk Vitiligo dapat memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba !!

Salam sehat, by www.kolomherbal.com 🙂


INGIN SEMBUHKAN VITILIGO ??

Kami Punya SOLUSINYA !!
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Ahlinya Obat Vitiligo Oles dan Minum

Telah teruji klinis dan TERBUKTI EFEKTIF mengobati bercak putih di kulit dan mencegah penyebaran vitiligo. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.
Simak Selengkapnya Di >> Obat Vitiligo

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Cara Pemesanan dan Harga Jelly Gamat

Simak pula: Obat Miom tanpa Operasi

Intip Yuk, Khasiat Kunyit Untuk Vitiligo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *