Kenali Gejala Stroke Akibat Hipertensi

Kenali Gejala Stroke Akibat Hipertensi, – Stroke adalah penyakit yang mempengaruhi pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Stroke terjadi ketika pembuluh darah menuju otak terblokir oleh bekuan (stroke iskemik) atau semburan (hemorrhagic stroke), ketika hal itu terjadi, bagian otak menjadi tidak mendapat darah dan pasokan oksigen yang dibutuhkan, sehingga mulai mati. Stroke tidak hanya melukai bagian otak anda, hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan otak untuk berpikir dan mengontrol fungsi tubuh.

Kenali Gejala Stroke Akibat Hipertensi

Stroke dan Hipertensi

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, merupakan faktor risiko yang paling penting untuk stroke. Hal ini menyebabkan sekitar 50 persen dari stroke iskemik, dan juga meningkatkan risiko stroke hemoragik. Kerusakan yang menyebabkan hipertensi terjadi dari waktu ke waktu dan sering hanya didiagnosis ketika kerusakan yang cukup besar telah terjadi pada pembuluh darah di dalam tubuh. Gejala yang berhubungan dengan hipertensi termasuk kelelahan, kebingungan, perubahan visi, nyeri dada angina-seperti, gagal jantung, darah dalam urin, mimisan, denyut jantung tidak teratur, kebisingan telinga atau berdengung.

Bagaimana Saya Tahu Jika Memiliki Hipertensi ?

Tekanan darah tinggi didefinisikan sebagai tekanan darah sistolik di atas 140 mmHg dan / atau tekanan darah diastolik di atas 90 mmHg. Tekanan darah sistolik adalah tekanan maksimum dalam arteri saat jantung berkontraksi. Tekanan darah diastolik adalah tekanan minimum di arteri antara kontraksi jantung.

Anda akan digolongkan memiliki tekanan darah tinggi, jika Anda secara konsisten di atas 140/90 mmHg.

Bagaimana Hipertensi Meningkatkan Resiko Stroke?

Ketika hipertensi terjadi, itu akan mempengaruhi semua pembuluh darah dalam tubuh anda, sehingga menjadi melemah atau rusak. Jantung anda juga harus bekerja lebih keras untuk menjaga darah anda tetap beredar.

Setelah pembuluh darah melemah mereka lebih cenderung untuk memblokir. Hal ini dapat menyebabkan stroke iskemik dan hipertensi, juga merupakan penyebab paling penting dari jenis stroke dan juga serangan iskemik transien.

Dalam kasus yang jarang terjadi, hipertensi juga terlibat dalam stroke hemoragik ketika pembuluh darah di otak pecah dan kebocoran darah ke otak.

Berikut beberapa penyebab hipertensi yang mengakibatkan stroke :

  • Kerusakan arteri sehingga mereka pecah atau lebih mudah menyumbat.
    Hipertensi dapat merusak arteri seluruh tubuh. Arteri melemah di otak menempatkan anda pada banyak risiko yang lebih tinggi untuk stroke.
  • Hipertensi dan stroke iskemik
    Sekitar 87% dari stroke adalah stroke iskemik . Sekali lagi, mereka disebabkan oleh penyempitan atau pembuluh darah yang tersumbat di otak, dan memotong aliran darah ke sel-sel otak karena kerusakan arteri di seluruh tubuh. Sangat penting untuk menjaga tekanan darah anda dalam rentang yang dapat diterima untuk melindungi otak anda dari resiko yang lebih fatal.
  • Hipertensi dan stroke hemoragik
    Sekitar 13% dari stroke adalah stroke hemoragik , yaitu ketika pembuluh darah pecah di atau dekat otak. Ketika pembuluh darah pecah, darah akan mengalir ke dalam jaringan dalam otak atau di ruang antara otak dan tengkorak. Tekanan darah tinggi menyebabkan arteri mengalami kerusakan dan mengakibatkan kelemahan dengan mudah, atau menyebabkan bintik tipis yang terisi dengan darah dan balon yang keluar dari dinding arteri (disebut aneurisma). Hipertensi kronis adalah penyebab utama stroke jenis ini.

Artikel terkait : Cara Mengobati Stroke dengan Ekstrak Teripang

Ketika anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, ada baiknya jika anda selalu menjaga tekanan darah anda. Karena hal tersebut merupakan hal penting yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko anda terkena stroke. Pengobatan hipertensi dapat menyelamatkan hidup anda. Oleh sebab itu kenali gejala stroke akibat hipertensi sedini mungkin, dan segera lakukan pengobatan.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Salam sehat,

Posted by : http://www.kolomherbal.com

Kenali Gejala Stroke Akibat Hipertensi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *