Kondisi Yang Menyebabkan Preeklampsia Pada Ibu Hamil

Kondisi Yang Menyebabkan Preeklampsia Pada Ibu Hamil

Kondisi Yang Menyebabkan Preeklampsia Pada Ibu Hamil,- Ibu hamil bisa beresiko terkena preeklampsia yaitu kondisi yang ditandai dengan tekanan darah yang meningkat meskipun sebelumnya tidak mempunyai riwayat hipertensi. Kenali penyebabnya dari sekarang, agar bisa terhindar dari penyakit preeklampsia di masa kehamilan yang akan datang.

Kondisi Yang Menyebabkan Preeklampsia Pada Ibu Hamil

Penyebab preeklampsia pada ibu hamil telah dikaitkan karena terjadi kelainan pada plasenta yaitu organ yang berfungsi menerima suplai darah dan nutrisi bagi bayi selama masih di dalam kandungan untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Pada ibu preeklampsia, plasenta tidak mendapatkan darah yang cukup. Hal ini diduga diakibatkan plasenta yang tidak bekerja dengan baik dari yang seharusnya. Sehingga mengganggu pembuluh darah dan tekanan darah pada ibu. Keadaan plasenta yang berubah tidak mampu bekerja dengan baik bisa karena asupan nutrisi yang dibawa ibu hamil untuk membuat akar plasenta kurang memadai atau kurang tepat. Namun disamping itu, masih banyak faktor lain yang menyebabkan ketika hamil bisa terkena preeklampsia, diantaranya :

FAKTOR PENYEBAB PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL

  1. Hamil untuk pertama kalinya
  2. Pernah mengalami preeklamsia pada kehamilan sebelumnya.
  3. Hamil pada usia di atas 35 tahun
  4. Hamil di bawah usia 20 tahun
  5. Berat badan ibu hamil yang mengalami obesitas
  6. Ibu hamil sedang mengandung lebih dari satu janin atau bayi kembar
  7. Ibu yang memiliki jeda kehamilan 10 tahun dengan kehamilan sebelumnya
  8. Ibu memiliki riwayat atau masalah kesehatan lain seperti, diabetes mellitus, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, lupus, atau sindrom antifosfolipid.

Preeklampsia adalah kondisi serius yang bisa berimbas pada kondisi kesehatan bayi saat lahir karena plasenta tidak bisa membawa aliran darah yang cukup ke janin. Akibat dari preeklampsia pada bayi akan mengalami masalah pertumbuhan seperti gangguan fungsi kognitif, masalah penglihatan hingga fungsi pendengaran anak. Bayi bisa lahir dengan kematian dini akibat preeklampsia menyebabkan plasenta tiba-tiba terputus dari ibu dan janin.

baca juga : DAMPAK TIDAK TERKONTROLNYA TEKANAN DARAH SAAT HAMIL

Bahaya yang dikhawatirkan dari preeklampsia tidak hanya pada bayi, juga mengancam kesehatan ibu diantaranya berisiko terkena stroke, paru-paru basah, gagal jantung, peradarahan pada hati, hingga kebutaan. Adapun cara mencegah preeklampsia di masa yang akan datang, sebaiknya ibu hamil harus memperhatikan beberapa hal berikut ini diantaranya :

  • mengontrol berat badan
  • menjaga asupan makanan. Dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan sangat penting. Jika sedang menderita hipertensi kurangi kandungan garam dalam makanan. Jika sedang menderita diabetes, hindari jenis makanan manis secara berlebihan. Sedangkan untuk ibu hamil yang obesitas bisa dengan mencegah jenis makanan tinggi lemak, tidak hanya berpacu pada gorengan juga pada daging berlemak, kulit, makanan yang mengandung olahan santan, jeroan dan lainnya.
    Untuk pola makan ibu hamil yang menderita preeklampsia dapat mengonsumsi dua produk dairy (bahan makanan berbasis susu) rendah lemak untuk mendapatkan sumber vitamin D dan kalsium. Selain itu, konsumsi minimal 2-3 porsi sayur-sayuran dalam sehari, minimal 2 porsi buah-buahan, dan minimal 2-3 porsi sumber protein yang bisa didapat dari daging tanpa lemak, ikan, telur dan unggas. Tidak hanya itu, sumber protein juga bisa dilengkapi dengan sumber protein nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
  • mencegah untuk tidak dehidrasi hingga kelelahan
  • olahraga teratur atau atau banyak beraktifitas untuk bisa membantu mengontrol berat badan dan mengurangi stres

Demikian sedikit informasi mengenai Kondisi Yang Menyebabkan Preeklampsia Pada Ibu Hamil. Semoga bermanfaat dan salam sehat, by kolom herbal

Kondisi Yang Menyebabkan Preeklampsia Pada Ibu Hamil

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.