Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal Agar Cepat Keluar

Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal Agar Cepat Keluar

Inilah deretan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal Agar Cepat Keluar secara alami dari sejumlah sayuran dan buah-buahan berikut ini ; makan buah semangka untuk mempercepat batu ginjal luruh dan keluar. Karena mengandung banyak air di dalamnya sehingga bisa menjadi pilihan anda sebagai cemilan terutama jika anda seorang yang sangat jarang minum. Buah semangka juga akan membantu mendorong batu di ginjal menjadi luruh juga akan membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa merasakan sakit. Perlu diketahui makan buah semangka sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena efeknya dapat memicu tekanan darah rendah hingga diare

Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal Agar Cepat Keluar

Air lemon, meskipun asam namun tidak ada salahnya dikonsumsi jika ingin segera sembuh dari batu ginjal. Lemon kaya akan kandungan sitrat yang bisa mencegah pertumbuhan batu ginjal. Pakar kesehatan Dr. Roger Sur yang berasal dari University of California San Diego Comprehensive Kidney Stone Center menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus lemon bisa membantu menghancurkan batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan potassiumnya yang tinggi yang bisa membantu fungsi ginjal. Untuk mengkonsumsi lemon, cukup gunakan 2 sampai 4 buah lemon, kemudian peras dan ambil airnya. Campurkan perasan air lemon ke dalam 1 gelas air putih.

Disamping buah lemon dan semangka, untuk jenis sayuran anda bisa mengkonsumsi brokoli, kubis, asparagus, timun, labu dan bawang. Lantaran mengandung senyawa oksalat yang dapat mengikat kadar kalsium di dalam tubuh yang berlebihan termasuk dalam struktur penyusun batu, sehingga diperlukan dalam mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal ataupun meluruhkan batu ginjal.

  • Kacang polong juga bisa anda konsumsi lantaran memiliki kandungan senyawa oksalat yang rendah sama dengan sayuran diatas. Universitas Pittsburg berdasarkan penelitiannya merekomendasikan penderita batu ginjal untuk memilih mengkonsumsi sayuran yang kandungan oksalatnya tidak lebih dari 2 miligram per porsi. Kacang polong adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan oksalat dibawah 2 miligram.
  • Wortel juga termasuk sumber makanan yang mengandung oksalat namun dengan kadar yang tak serendah kubis. Kandungan oksalatnya berada dalam kisaran 2 hingga 10 miligram per porsi yang masih dalam batas wajar dan boleh dikonsumsi.
  • Selain kacang polong, ada kacang merah yang bagus untuk dikonsumsi bagi penderita batu ginjal. Hal ini karena mengandung magnesium di dalamnya efektif berperan dalam meredakan penyakit batu ginjal dengan melarutkan batu ginjalnya.
  • Daun seledri mengandung aroma wangi yang khas ini dipercaya mampu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga bisa dikonsumsi secara teratur untuk mengurangi resiko penyakit batu ginjal.
  • Artichoke merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk penderita batu ginjal lainnya yang baik untuk dikonsumsi. Tumbuhan yang memiliki nama latin Cynara cardunculus ini dapat dikonsumsi ketika masih menjadi tunas atau sebelum mekar. Arthicoke merupakan sayuran yang tinggi serat, sehingga mampu mengurangi resiko pembentukan batu ginjal.
  • Sayuran tinggi serat lain juga ditemukan pada sawi hijau. Sayuran berserat tinggi dapat dikonsumsi sebagai alternatif atau pilihan lain untuk protein selain mengkonsumsi daging. Sehingga konsumsi daging dapat dikurangi. Sehingga dapat mengurangi batu ginjal juga obesitas
  • Makanan yang tinggi serat tak diduga juga terdapat dalam gandum hitam juga. Serat ini menyatu dengan kalsium di dalam usus. Sehingga kalsium keluar melalui feses dan bukannya urin. Pergerakan serat di dalam usus juga cepat. Sehingga kalsium tidak sempat terserap.

Terbentuknya batu di ginjal memang secara diam-diam. Ketika batu sudah besar, maka batu mulai merusak jaringan ginjal dan saluran kemih. Sehingga berbagai keluhan dirasakan oleh tubuh. Untuk mengatasi batu ginjal yakni dengan menghancurkannya atau meluruhkan batu tersebut agar bisa dengan mudah keluar. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk batu dapat hancur, mulai dengan mengkonsumsi obat-obatan juga ragam ramuan buatan sendiri. Namun hal itu terkadang tidak cukup mempan untuk mengeluarkan batu ginjal. Diperlukan dukungan dari suatu makanan tertentu untuk mempecepat penyembuhan dari batu ginjal. Demikian Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal Agar Cepat Keluar. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sehat, by kolom herbal

baca juga :

Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal Agar Cepat Keluar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.