Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Yang Menurun

Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Yang Menurun

Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Yang Menurun,- Dalam keadaan normal, ginjal akan berfungsi untuk menyaring kotoran dari dalam darah dan mengirimnya ke kandung kemih menjadi urin. Disamping itu, peran ginjal juga mampu mengatur tekanan darah, mengatur dalam penyerapan air, mengontrol keasaman dalam tubuh juga menjaga keseimbangan elektrolit.

Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Yang Menurun

Namun untuk sebagian kasus, ginjal tak selamanya bisa berfungsi dengan sehat dan normal seperti biasanya. beberapa faktor kondisi bisa memberikan pengaruh buruk pada ginjal sehingga fungsinya menurun atau tidak bisa bekerja dengan baik lagi.

Banyak sekali tanda yang terlihat saat ginjal mengalami masalah dengan adanya sejumlah perubahan tiba-tiba pada tubuh seperti ; urin yang keluar selalu berbusa, kaki yang membengkak, badan benar-benar sangat lelah, selalu kesulitan untuk dapat berkonsentrasi juga sulit tidur di malam hari, otot tubuh menjadi sering kram secara tiba-tiba, nyeri dada, kulit kering dan gatal.

Untuk memberi dukungan ginjal selalu dalam keadaan baik, hal yang memberi pengaruh utama adalah dari nutrisi makanan yang sering kita konsumsi. Makanannya boleh apa saja yang penting kita sudah tau mana yang akan memberi dampak baik dan buruk terhadap kondisi kesehatan tubuh.

Berikut kami informasikan beberapa makanan yang sangat baik dalam meningkatkan fungsi ginjal, diantaranya ;

Kembang kol sudah dikenal makanan yang baik bagi anda yang mempunyai masalah ginjal begitupun pada anda yang mempunyai tubuh sehat. Manfaat kol selain dapat menutrisi ginjal juga membantu dalam memperbaiki kerusakan yang terjadi pada ginjal. Kembang kol mengandung vitamin C serta sumber serat dan asam folat yang cukup tinggi. Tidak hanya, kol juga kaya akan indoles, tiosianat, glukosinolat, senyawa-senyawa ini berperan penting dalam membantu organ hati melawan zat racun yang dapat membahayakan DNA dan membran sel.

Daging memang sangat baik bagi tubuh, namun jika ginjal ada berada dalam masalah untuk sementara waktu hindari untuk konsumsi daging merah dan sejenisnya. Anda bisa mendapatkan daging yang baik dari sejumlah ikan tertentu terutama pada ikan yang kaya akan omega 3 seperti salmon, makarel, tuna dan lainnya.

Mengkonsumsi buah-buahan juga perlu diperhatikan jika keadaan ginjal sedang mengalami gangguan. Karena ada sebagian buah yang memiliki tingkat tinggi yang sangat baik untuk mengembalikan kondisi ginjal kembali pulih. Buah ini termasuk ceri yang kaya vitamin dan rendah protein, anggur merah yang mengandung flavanoids, pir sumber vitamin C, antioksidan dan serat, apel kaya zat antiinflamasi dan serat, blueberry buah ungu yang kaya vitamin C, mangan, serat dan tinggi antioksidan.  Semuanya sangat baik dalam membantu memperbaiki masalah pada ginjal, meningkatkan fungsi ginjal, juga memberi manfaat untuk organ lain dalam tubuh.

Putih telur termasuk sumber protein kaya akan asam amino dan rendah fosfor yang baik bagi ginjal. Untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi telur saat akan dikonsumsi merebus telur adalah pilihan yang baik. Keju, susu kedelai, kacang merah, air putih, bawang putih, bawang merah, minyak zaitun, kubis, paprika merah, bawang bombai juga berperan baik untuk meningkatkan fungsi ginjal tetap optimal. Itulah sedikit informasi makanan untuk meningkatkan fungsi ginjal yang menurun akibat beberapa masalah. Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat, by kolom herbal

baca artikel terkait lainnya ;

Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Yang Menurun

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.