Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Kreatinin Pada Penderita Ginjal

Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Kreatinin Pada Penderita Ginjal

Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Kreatinin Pada Penderita Ginjal,- Kadar kreatinin yang tinggi dapat menjadi pertanda adanya kerusakan pada ginjal seperti gagal ginjal. Kreatinin sendiri dibentuk dari sisa metabolisme penguraian otot. Ada sejumlah kondisi yang dapat mempengaruhi kadar kreatinin, diantaranya :

  • Jenis kelamin, karena kadar kreatinin pria akan lebih tinggi dari wanita karena memiliki massa otot lebih besar.
  • Usia yang terus bertambah akan memiliki kadar kreatinin lebih rendah karena telah terjadi penurunan massa otot.
  • Asupan makanan seperti terlalu sering atau berlebihan dalam mengonsumsi daging merah seperti sapi dan kambing dapat meningkatkan kadar kreatinin darah.
  • Efek obat-obatan hingga penyakit gagal ginjal

Sehingga dengan kata lain, jika kreatinin tinggi untuk menurunkannya bisa dibantu dengan menjaga pola makan serta memperbanyak asupan makanan yang akan berefek menurunkan kadar kreatinin yang tinggi.

Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Kreatinin Pada Penderita Ginjal

Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Kreatinin Pada Penderita Ginjal

Lemon kaya akan vitamin C ini ternyata menawarkan manfaat yang bagus untuk membantu menurunkan kadar kreatinin yang tinggi sekaligus juga ureum. Sehingga disamping banyak digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit, jika sekarang kita konsumsi kesehatan fungsi ginjal akan terlindungi dan terjaga dari kerusakan saat kreatinin kembali normal atau stabil

Paprika merah adalah salah satu jenis sayur kaya akan antioksidan di dalamnya. Sifat antioksidannya akan sangat berguna dalam melindungi tubuh dari segala macam penyakit. Sehingga hal ini berlaku efektif sebagai makanan yang bagus untuk menurunkan kreatinin tinggi.

Labu pahit, pare atau dikenal dengan paria yang memiliki rasa pahit yang khas tak disangka bagus dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki kadar kreatinin tinggi. Pare adalah salah satu makanan yang mengandung manfaat baik untuk organ ginjal. Dimana ia mampu membantu merangsang supaya urine yang dikeluarkan dapat lebih banyak. Dengan urine yang dikeluarkan lebih banyak, otomatis segala limbah alias racun dapat juga terbuang dari tubuh secara lebih maksimal.

Mentimun selain dipercaya bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi, juga bisa menjadi asupan makanan penurun kadar kreatinin. Lantaran selain mentimun memiliki kadar airnya yang cukup tingi serta bersifat diuretik yang akan membawa efek baik bagi ginjal. Peran manfaat mentimun untuk ginjal juga sama seperti pare, mampu mendukung produksi urine lebih banyak dari ginjal. Bahkan bagi yang punya kadar ureum tinggi juga aman-aman saja jika ingin mengonsumsi mentimun.

Tidak hanya mentimun yang memiliki sumber sifat diuretik, hal ini juga ditemukan pada kayu manis. Sifat diuretik dalam makanan memang menjadi makanan yang baik dan dianjurkan untuk penderita dengan kadar kreatininnya tinggi. Bahkan efek manfaat dibalik kayu manis bagi kesehatan secara keseluruhan dapat membantu meningkatkan kesuburan, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, mencegah peradangan dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, melawan penyakit diabetes hingga kanker. Untuk mendapatkan manfaat kayu manis, anda bisa masukan kayu manis ke dalam minuman hangat anda atau makanan harian anda.

Sayuran penurun kreatinin yang tinggi lainnya adalah wortel. Sangat tak disangka jika wortel yang lebih terkenal manfaatnya bagus untuk mata, ternyata mengkonsumsinya bisa membantu menurunkan kadar kreatinin kembali normal

Itulah sedikit informasi mengenai Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Kreatinin Pada Penderita Ginjal. Semoga bermanfaat dan salam sehat, by kolom herbal

baca juga :

Makanan Yang Bagus Untuk Menurunkan Kreatinin Pada Penderita Ginjal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.