Makanan Yang Bisa Melegakan Tenggorokan Yang Sakit

Makanan Yang Bisa Melegakan Tenggorokan Yang Sakit,- Sakit tenggorokan memang sangat mengganggu aktivitas, apalagi jika Anda seorang yang aktif bekerja di luar rumah, kondisi seperti ini sangat mengganggu sekali. Untuk mengatasinya, sebelum Anda mengatasinya dengan perawatan medis, tidak Anda salahnya jika Anda mencoba dengan cara yang alami terlebih dahulu.

Makanan Yang Bisa Melegakan Tenggorokan Yang Sakit

Makanan Yang Bisa Melegakan Tenggorokan Yang SakitMakan memang dapat membuat dapat membuat tubuh menjadi lebih gemuk, sehat dan juga kuat. Namun ada beberapa jenis makanan yang khasiatnya tidak hanya  dapat membuat tubuh lebih sehat, tapi juga dapat melegakan sakit tenggorokan secara alami. Berikut beberapa makanan yang dapat melegakan tenggorokan yang sakit, diantaranya :

  • Buah Pisang

Pisang dengan rasanya yang manis dan harganya yang terjangkau memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Studi menunjukan bahwa dengan makan tiga pisang perhari, dapat menambah sekitar 1500 mg kalium pada tubuh. Pisang kaya akan kandungan vitamin B6, yang mengandung 20% dari jumlah harian yang diperlukan, juga vitamnin C sebagai antioksidan penting yang menetralkan radikal bebas.

  • Sup Ayam

Percaya atau tidak, ternyata sup ayam dapat melegakan tenggorokan dan melancarkan pernafasan. Hal ini terjadi karena sup ayam berfungsi sebagai anti-peradangan dan mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Sebuah study yang dilakukan oleh para peneliti Sinai Medical Centre, Miami menyebutkan jika menghirup uap sup ayam bisa membuat flu sembuh secara perlahan. Jadi tidak heran kan kenapa sup ayam menjadi salah satu menu yang kerap dijadikan untuk orang sakit.

  • Jus Lemon Campur Madu

Lemon adalah buah yang sangat baik dalam membantu dalam memerangi masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis akibat bakteri. Bila jus lemon di campur dengan air hangat akan menjadi minuman yang menenangkan bagi orang yang terkena asma dan mereka yang memiliki masalah pernafasan. Selain itu, jus lemon hangat yang di campur dengan madu bisa mengurangi kelebihan sekresi dahak.

  • Telur

Protein yang terkandung di dalam telur akan membantu menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Masaklah menjadi telur dadar, dan ingat untuk tidak menambahkan bumbu apapun ke dalamnya. Namun, sebaiknya Anda hanya menggunakan putih telurnya saja.

  • Teh Jahe dan Madu

Teh jahe dapat membantu mengurangi kemacetan tenggorokan yang berhubungan dengan flu, jahe juga dikenal sebagai ekspektoran yang dapat membantu melonggarkan dan mengusir lendir dari sistem pernapasan. Siapkan jahe segar sepanjang 3 cm, geprek dan masukkan ke dalam secangkir air hangat. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu. Minuman ini bisa membantu Anda meredakan sakit tenggorokan dan melegakan pernapasan.

  • Sage

Daun sage atau Salvia officinalis adalah jenis herbal yang sangat kaya akan nutrisi. Daun sage adalah sumber dari flavanoid seperti apigenin, diosmetin dan luteolin. Selain itu, sage juga kaya akan vitamin K, A, C dan B-complex. Belum lagi sifat antibakteri, anti peradangan, antioksidan, dan antifungal yang dimilikinya, membuat herbal yang satu ini sangat ampuh mengatasi beberapa masalah kesehatan.

  • Wortel Rebus

Wortel dapat menyembuhkan sakit tenggorokan Anda dengan kandungan gizi yang di dalamnya, tetapi mereka harus dikukus atau direbus terlebih dahulu. Wortel mentah hanya akan memperparah sakit tenggorokan karena teksturnya yang tidak lembut. Selain itu, wortel juga penuh nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.

Itulah beberapa makanan yang bisa melegakan sakit tenggorokan, Anda bisa memasukkan beberapa makanan tersebut ke dalam menu makanan sehari hari.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Kolom Herbal

Baca juga :

Makanan Yang Bisa Melegakan Tenggorokan Yang Sakit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *