14 Jenis Makanan Sehat Yang Dapat Mengurangi Plak Di Arteri

14 Jenis Makanan Sehat Yang Dapat Mengurangi Plak Di Arteri,- Makanan yang kaya akan nutrisi selalu memainkan peran penting terhadap kesehatan tubuh. Asupan makanan yang buruk dapat menjadi resiko pemicu rentannya berbagai penyakit, salah satunya masalah plak di arteri. Di mana seiring waktu, unsur² tertentu terkadang dapat menyebabkan penyumbatan di arteri, yang mengakibatkan perkembangan masalah pada sirkulasi dan penyakit kardiovaskular lainnya bahkan sampai dapat mengancam jiwa atau kematian.

Untuk menjaga dan mencegah kondisi semakin berkembang ke tahap yang lebih buruk, hal ini dapat kita cegah dengan mengelola suatu hal sederhana yakni dengan menjaga atau memperbanyak asupan dari makanan sehat yang juga efektif mampu membantu membersihkan arteri dan vena dalam tubuh kita. Di mana penyakit ini banyak mempengaruhi kesehatan termasuk sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lemah, pemicu hipertensi dan penyakit jantung lainnya.

(* Baca Juga : Kumpulan Minuman Herbal Untuk Penderita Jantung Koroner

Plak adalah zat keras yang terbentuk dan tumbuh di dalam arteri, menyebabkan pembuluh darah menjadi tersumbat dan mengeras. Formasi plak arteri sering menyebabkan serangan jantung dan stroke dengan perlahan memotong suplai darah ke organ vital. Bekuan darah yang terbentuk oleh trombosit “lengket” dan plak lunak yang terlepas dari dinding arteri dapat menghalangi aliran darah dan menyebabkan kematian. Arteriosklerosis adalah penyakit yang melibatkan penumpukan plak di arteri dan juga biasa disebut “pengerasan arteri.” Plak dibentuk oleh lemak, kolesterol, kalsium dan zat lainnya dalam darah.

14 Jenis Makanan Sehat Yang Dapat Mengurangi Plak Di Arteri ( JANTUNG )

14 Jenis Makanan Sehat Yang Dapat Mengurangi Plak Di Arteri

  1. Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang tidak asing lagi jika kita gunakan sebagai obat alami untuk berbagai jenis penyakit. Di mana ia telah dikenal mampu membantu dalam membersihkan arteri karena memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat, sehingga mampu melawan dari ancaman radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, ia juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta meningkatkan aliran darah, membantu melawan hipertensi, mencegah dari pembekuan darah, serta menghancurkan plak. Sifat senyawa allicin dalam bawang putih dapat bertanggung jawab terhadap mencegah dari pembekuan darah, serta mengurangi kekakuan platelet darah.
  2. Oatmel tidak hanya umum di rekomendasikan sebagai sarapan, tetapi terdapat manfaat juga yang luar biasa untuk sistem pencernaan yang baik, serta mengurangi kadar kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri. Sehingga hal ini mampu mencegah dari perkembangan arterosklorosis  serta masalah jantung lainnya.
  3. Apel mengandung zat yang dikenal sebagai pektin. Selain itu, apel juga kaya akan  flavonoid, yang dapat mengurangi masalah jantung hingga 50%.
  4. Sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang dikenal sebagai lemak baik memang sangat dibutuhkan tubuh untuk beroperasi atau bekerja dengan baik dan benar untuk membuka arteri yang terblokir. Sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 termasuk ikan salmon, mackerel, tuna, sarden dan lainnya.
  5. Kunyit memiliki komponen utama kurkumin, di mana ia sangat berperan penting sebagai pelindung jantung. Sebuah studi telah menunjukan, bahwa  berkat zat senyawa ini kunyit dapat mencegah kerusakan arteri yang biasanya terkait dengan masalah penyumbatan. (* Pengobatan Awal Jantung Koroner Secara Herbal
  6. Bayam berdaun hijau kaya akan vitamin A dan C, di mana menurut sejumlah penelitian mengungkap dapat membantu mencegah dari oksidasi dan masalah yang terkait dengan kolesterol termasuk aterosklerosis.
  7. Jenis kacang-kacangan juga memiliki nilai manfaat yang dapat membantu tubuh mencegah dari penyumbatan arteri serta merangsang proses dalam pembersihan di pembuluh darah Hal ini karena, ia memiliki kandungan lemak mono jenuh serta asam lemak omega 3. Jenis kacang-kacangan ini dapat mencakup ; almond, hazelnut dan masih banyak lainnya.
  8. Minyak zaitun memiliki berbagai khasiat manfaat yang baik untuk kesehatan yang salah satunya untu mencegah penyakit kuning. Di mana minyak zaitun termasuk mengandung jenis lemak mono yang cenderung tidak mengoksidasi dan mampu berperan dalam mencegah kolesterol yang menempel k dinding arteri.
  9. Tomat adalah sumber penting dari lycopene yang merupakan antioksidan yang mampu mencegah dari ancaman kolesterol jahat yang menempel ke dinding arteri. Menurut penelitian, mengkonsumsi asupan tomat setiap hari secara signifikan dapat mengurangi risiko dari terbentuknya plak di dalam arteri.
  10. Jus delima secara ilmiah telah terbukti memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi daripada jus lainnya seperti jus blackberry, blueberry dan orange.
  11. Asparagus termasuk sayuran yang kaya akan serat, mineral, vitamin K, B1, B2, C dan E. Di mana kemampuan manfaatnya telah dikenal mampu membantu dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah dari pembekuan darah yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.
  12. Alpukat dapat memberikan hasil peningkatan kolesterol darah yang baik sekitar 11% dan penurunan terhadap kadar trigliserida dan LDL sekitar 22%. Sehingga mampu membantu dalam menjaga agar darah tetap mengalir dengan lancar atau seperti biasanya.
  13. Brokoli termasuk sayuran yang sarat dengan vitamin K yang mampu membantu dalam mencegah kalsifikasi atau pengerasan pembuluh darah. Selain itu, ia juga kaya akan antioksidan yang mampu membantu dalam mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menyebabkan kondisi jantung yang serius. Manfaat lainnya, ia juga membantu menormalkan tekanan darah dan mengurangi stres yang termasuk menjadi salah satu faktor risiko pembangun plak di dinding arteri.
  14. Tahukah anda? mengkonsumsi satu sendok makan kayu manis tanah per hari mampu bekerja dalam mengurangi kadar kolesterol sekaligus membersihkan dan mencegah dari pembentukan plak. Di mana kayu manis kaya akan antioksidan yang juga berperan dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan melindungi darah dari kerusakan oksidasi.

Itulah sedikit ulasan mengenai 14 Jenis Makanan Sehat Yang Dapat Mengurangi Plak Di Arteri, semoga informasinya bermanfaat dan lekas sembuh..

 Salam Sehat, By Kolom Herbal

14 Jenis Makanan Sehat Yang Dapat Mengurangi Plak Di Arteri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *