Nyeri Ulu Hati Saat Hamil? Ini Dia Cara Mengatasinya

Nyeri Ulu Hati Saat Hamil? Ketahui Penyebabnya, Kenali Gejala dan Ciri-Cirinya serta Pahami Solusi untuk Mengatasinya yang AMAN bagi Janin dan Tidak Menimbulkan Efek Samping Apapun

Tahukah anda, jika lebih dari setengah wanita hamil melaporkan gejala mulas yang parah? Kebanyakan gejala ini terjadi selama trimester kedua dan ketiga. Bagi ibu hamil, gejala nyeri ulu hati atau heartburn ialah malapetaka, di beberapa titik hormon progesteron, selain untuk melemaskan otot-otot pada saat kehamilan, juga melemaskan katup lambung yang memproduksi asam menuju ke bagian perut atas sehingga menyebabkan sensasi terbakar.

Nyeri Ulu Hati Saat Hamil? Ini Dia Cara Mengatasinya

Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Nyeri ulu hati yang menyebabkan gejala mulas, terutama dalam kehamilan dapat terjadi karena kadar hormon yang berubah. Hormon-hormon kehamilan dapat menyebabkan stingter esofagus bagian bawah (katup otot antara perut dan kerongkongan) yang membuat asam lambung kembali menuju ke kerongkongan. Selain itu faktor rahim yang membesar juga mendorong asam lambung kembali naik. Meskipun jarang, penyakit batu empedu juga dapat menyebabkan nyeri selama kehamilan.

baca juga: obat penghancur batu empedu

Tips Mengatasi Nyeri Ulu Hati Pada Ibu Hamil

Nyeri Ulu Hati Saat Hamil? Ini Dia Cara MengatasinyaBerikut ini beberapa tips mengatasi nyeri ulu hati pada masa kehamilan :

  • Makan dengan porsi yang kecil, namun sering
    Jika anda menderita morning sickness, makan dengan porsi yang lebih sedikit pada suatu waktu mungkin tidak menjadi masalah, tapi jika nafsu makan anda normal, pastikan untuk menghindari makan terlalu banyak sehingga anda merasa kenyang. Perut yang terlalu penuh dapat berkontribusi untuk timbulnya gejala nyeri ulu hati. Bukan dalam porsi 3 kali sehari, tetapi cobalah dengan 5 atau 6 kali dalam porsi yang lebih kecil.

  • Biasakan makan dengan tidak terburu-buru
    Makan dengan terburu-buru juga dapat menyebabkan gejala mulas dan gangguan pada pencernaan. Cobalah untuk makan dengan santai, sambil menikmati makanan anda, hal ini juga bertujuan untuk membantu anda menghindari makanan berlebih.

  • Hindari kebiasaan minum saat sedang makan
    Kebiasaan minum saat makan dapat meningkatkan resiko refluks asam dan mulas. Cobalah untuk minum sekali-kali ketika sedang makan, bukan selama makan.

  • Jangan makan sebelum tidur
    Joel Richter, MD, direktur divisi gastroenterologi dan nutrisi dan pusat penyakit esofagus di University of South Florida merekomendasikan untuk menghindari makan setidaknya tiga jam sebelum anda tidur.

  • Duduk atau berdiri setelah makan
    Setelah makan sangat dianjurkan untuk berjalan-jalan santai, melakukan pekerjaan rumah tangga kecil, duduk, atau membaca buku. Hindari kebiasaan berbaring setelah makan atau tidak melakukan sesuatu yang mengharuskan anda membungkuk. Karena kegiatan ini dapat membantu menghilangkan faktor resiko naiknya asam kembali ke kerongkongan.

  • Usahakan posisi kepala dan dada bagian atas ditinggikan pada saat tidur di malam hari
    Hal ini dilakukan untuk menjaga asam lambung tetap pada tempatnya.

  • Tahu pemicu datangnya gejala nyeri ulu hati
    Untuk sebagian wanita hamil disarankan untuk menjauhi makanan yang mengandung lemak, kafein, maupun coklat, guna menghindari timbulnya gejala nyeri yang ditimbulkan. Namun pada beberapa wanita hamil selain makanan tersebut, terdapat faktor lain yang mungkin menjadi pemicu timbulnya nyeri. Dikutip dari health.com Dr.Richter mengatakan ia menyarankan pada pasiennya untuk menjauhi makanan yang memperburuk kesehatan mereka. (baca juga: penyebab sakit ulu hati)

  • Memakai pakaian longgar
    Mengenakan pakaian ketat hanya akan menimbulkan perasaan tertekan pada perut anda dan terasa sesak, juga beresiko bisa memperburuk refluks asam.

  • Coba dengan metode jahe
    Beberapa wanita menemukan jahe atau permen jahe dapat membantu meringankan perasaan mulas. Rempah ini juga bermanfaat untuk memerangi mual dan muntah yang sering timbul akibat nyeri ulu hati. Dikutip dari health.com Einarson mengatakan bahwa aman mengkonsumsi jahe pada wanita hamil.

 

Selain itu berikut beberapa cara alami untuk meringankan gejala nyeri ulu hati:

  • Konsumsi yoghurt atau minum segelas susu
  • Coba dengan satu sendok makan madu yang dicampurkan dengan segelas susu hangat

Itulah beberapa tips mengatasi nyeri ulu hati saat hamil, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat dan menambah informasi terutama bagi para bunda yang mengalami masalah yang sama. Segera lakukan pengobatan demi mencegah hal-hal yang beresiko lebih buruk terutama pada hal yang mengancam calon buah hati anda.


INGIN BEBAS DARI NYERI ULU HATI SAAT HAMIL ??

Kami Punya SOLUSINYA !!
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Solusi untuk Menyembuhkan Sakit Ulu Hati Saat Hamil

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati nyeri ulu hati secara ALAMI dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Obat Nyeri Ulu Hati

 

Posted by : www.kolomherbal.com

Nyeri Ulu Hati Saat Hamil? Ini Dia Cara Mengatasinya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *