Olahraga Yang Bagus Untuk Penderita Miom

Olahraga Yang Bagus Untuk Penderita Miom,- Penyakit miom merupakan penyakit yang rentang terjadi pada wanita. Umumnya miom lebih sering terjadi pada wanita yang berusia sekitar 30-50 tahun. Hingga kini penyebab munculnya penyakit miom memang belum diketahui, namun kemunculan kondisi ini sering dikaitkan dengan hormon estrogen.

Untuk mencegah dan mengobati penyakit miom selain dengan obat-obatan, juga bisa Anda atasi dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk melakukan olah raga secara rutin. Hal ini telah terbukti, dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur akan mengurangi gejala miom, seperti timbulnya rasa sakit pada perut dan panggul, serta menyehatkan organ tubuh lainnya

Olahraga Yang Bagus Untuk Penderita Miom

Olahraga Yang Bagus Untuk Penderita MiomPara peneliti juga mengungkapkan bahwa wanita atletis yang gemar berolahraga sangat jarang mengalami berbagai macam penyakit, dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga. Untuk itu, para peneliti sangat mendukung bagi mereka wanita yang mengalami miom untuk melakukan olahraga sebagai cara yang efektif untuk mengatasi penyakit miom.

Olahraga yang baik untuk penderita miom diantaranya :

  • Gerakan Pilates
    Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari gerakan pilates. Diantaranya, membantu meningkatkan stamina, membantu mempertahankan postur tubuh yang baik agar tulang belakang dari rasa sakit akibat miom yang semakin membesar. Gerakan pilates juga sangat membantu untuk memperkuat otot dasar panggul dan perut. Salah satu tanda dan gejala miom adalah menstruasi yang terlalu banyak, akibatnya penderita akan mengalami anemia karena kehilangan banyak darah. Manfaat lain dari pilates adalah dapat meningkatkan suplai oksigen dalam tubuh dan tentunya akan meningkatkan energi serta membuat tubuh Anda menjadi bugar.
  • Senam Aerobik Ringan
    Senam aerobik sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, terutama sangat baik untuk meringankan gejala miom. Selain tidak berat, senam aerobik juga bisa dilakukan dengan santai dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Karena kemunculan miom erat kaitannya dengan hormon, maka dari itu dengan melakukan senam arerobik dapat membantu menyeimbangkan hormon. Dengan melakukan senam aerobik pastinya tubuh akan terjaga kebugarannya, membantu meningkatkan kekuatan otot, meredakan rasa sakit pada punggung dan membantu melancarkan persalinan jika Anda sedang hamil dengan miom.
  • Yoga
    Geraka yoga mengkombinasikan pengendalian pikiran, pernapasan dengan latihan fisik. Gerakannya juga cenderung halus dan tidak terburu-buru, jadi sangat aman dilakukan bagi anda yang sedang mengalami miom tanpa harus takut akan menimbulkan rasa sakit pada perut.Gerakan-gerakan prenatal yoga dirancang khusus untuk melatih otot rahim dan panggul, yang akan membantu menunjang perkembangan janin jika Anda sedang hamil dengan miom serta mempersiapkan tubuh untuk melalui proses persalinan.

Itulah beberapa olahraga yang baik dilakukan bagi Anda yang menderita miom, Anda bisa mencoba beberapa jenis olahraga tersebut di rumah. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan olahraga agar tidak menimbulkan cedera yang tidak diinginkan. Lakukan olahraga tersebut secara rutin dan teratur selama 30 menit. Selamat mencoba.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Obat Miom Herbal

Olahraga Yang Bagus Untuk Penderita Miom

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *