Pencegahan Penyakit Miom Dengan Gaya Hidup

Pencegahan Penyakit Miom Dengan Gaya Hidup,- Sekitar 75% wanita pernah memiliki miom. Terkadang kondisi ini tidak diketahui oleh sebagian wanita yang mengalaminya karena tidak muncul gejala. Biasanya miom muncul pada usia sekitar 30-50 tahun, setelah mengalami manopause miom akan menyusut karena penurunan kadar estrogen.

Pencegahan Penyakit Miom Dengan Gaya Hidup

Pencegahan Penyakit Miom Dengan Gaya HidupHingga kini, penyebab munculnya miom masih belum diketahui, kemunculan kondisi ini sering dikaitkan dengan hormon estrogen. Untuk mencegah timbulnya penyakit miom Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Merubah Pola Makan
    Memang agak sulit bagi mereka penderita miom untuk memilih jenis makanan yang baik dikomsumsi. Beberapa studi menunjukan bahwa mengkonsumsi daging merah terkait dengan peningkatan risiko mengembangkan penyakit miom. Sebaliknya, dengan mengkonsumsi sayuran hijau maka risiko terkena miom akan menurun.
  • Olahraga Secara Teratur
    Wanita yang berolahraga 7 jam atau lebih per minggu secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan miom selama beberapa tahun, dibandingkan dengan perempuan yang berolahraga 2 jam atau kurang per minggu. Penelitian menunjukan bahwa olahraga berat jauh lebih bermanfaat dalam mengurangi risiko miom dari olahraga ringan. Olahraga berat selama 3 jam atau lebih per minggu dapat mengurangi risiko pengembangan miom 30-40%.
  • Memperhatikan Berat Badan
    Miom lebih sering muncul pada wanita dengan berat badan berlebih atau yang mengalami obesitas. Dengan meningkatnya berat badan, hormon estrogen dalam tubuh juga akan meningkat. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko miom sekitar 10-20%.
  • Minum Teh Hijau atau Ekstrak Teh Hijau
    Beberapa peneliti telah menunjukan bahwa teh hijau dapat membantu mencegah miom pada tikus, dan telah terbukti dapat mengurangi gejala miom pada wanita yang telah positif miom.

Diagnosis terhadap miom bisa sulit untuk dilakukan, mengingat beberapa kondisi tidak memimbulkan gejala sama sekali. Biasanya miom diketahui secara tidak sengaja ketika Anda menjalani pemeriksaan panggul dan miom akan menimbulkan gejala ketika ukurannya sudah semakin membesar. Kemungkinan gejala yang akan muncul seperti :

  1. Nyeri pada perut atau pinggul
  2. Perut terasa penuh dan kadang membesar seperti wanita hamil
  3. Nyeri selama melakukan hubungan seksual
  4. Tekanan pada kandung kemih
  5. Adanya tekanan pada panggul
  6. Menstruasi tidak teratur
  7. Terasa nyeri saat menstruasi
  8. Darah yang keluar terlalu banyak saat menstruasi
  9. Anemia karena kehilangan banyak darah haid

Pada kasus miom yang tidak menimbulkan gejala, kemungkinan tidak diperlukan pengobatan, miom yang kecil biasanya akan menyusut dengan sendirinya. Pengobatan akan dilakukan pada miom yang menimbulkan gejala. Pengobatan ini berfungsi meringankan gejala yang muncul. Apabila pengobatan yang dilakukan tidak memiliki dampak yang efektif, pelaksanaan prosedur operasi perlu dilakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Makanan Yang Tidak Dianjurkan Untuk Penderita Lipoma

Pencegahan Penyakit Miom Dengan Gaya Hidup

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *