Pengaruh Rokok Terhadap Sistem Pernafasan

Pengaruh Rokok Terhadap Sistem Pernafasan,- Sepertinya aturan “DILARANG MEROKOK” tidak berguna di Indonesia. Pasalnya, dengan mudah kita dapat menemukan perokok di sudut kota maupun daerah di tanah air. Merokok memang merupakan aktivitas yang mengasyikan dan tidak membuat bosan penikmatnya, jika rokok merupakan aktivitas yang tidak menyenangkan, orang-orang tidak akan mungkin tidak meninggalkan rokok yang sudah jelas menimbulkan efek negatif.

Pengaruh Rokok Terhadap Sistem Pernafasan

Pengaruh Rokok Terhadap Sistem PernafasanSalah satu pengaruh rokok yang paling berbahaya adalah terhadap sistem pernafasan. Sistem pernafasan yang sehat akan memberikan oksigen untuk pertumbuhan sel dan fungsi organ vital di seluruh tubuh, oksigen dikumpulkan di alvelio atau kantung udara, dan berdifusi ke dalam aliran darah, lalu di pompa oleh jantung ke otak dan ke seluruh tubuh. Aktivitas merokok dapat mengganggu proses ini sehingga mengganggu sistem pernafasan.

Rokok ini yang berbahaya terletak pada asapnya. Saat rokok di bakar, ia menghasilkan lebih dari 7.000 bahan kimia, menurut American Lung Association. Sebanyak 69 diantaranya merupakan bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kanker, seperti karsinogen, toksin dan tar.

Efek Merokok Terhadap Mulut, Laring dan Faring

Gas panas dan partikular yang dihirup saat merokok dapat menghisap jaringan dan selaput lendir yang terdapat pada mulut, laring dan faring. Daerah ini mengalami iritasi yang terus menerus akibat merokok dan penggunaan tembakau dapat membuat suara serak, batuk dan mengi karena peradangan.

Hasil laporan dari National Institutes of Health, asap rokok mengandung lebih dari 60 senyawa penyebab kanker. Ahli bedah umum AS telah menghubungkan dengan kanker mulut, laring dan faring akibat penggunaan tembakau.

Efek Merokok Terhadap Bronkus

Pengaruh Rokok Terhadap Sistem PernafasanBahan kimia dan partikular dari penggunaan tembakau berlanjut ke bronkus, saluran udara yang menuju paru-paru. Asap rokok mempengaruhi fungsi silia, bulu-bulu kecil yang berperan untuk membersihkan puing-puing agar saluran udara tetap bersih. Bila silia rusak dan tidak berfungsi lagi, kelebihan lendir dan benda asing dapat menyumbat ruang bronkus.

American Lung Association (ALA) menghubungkan bahwa gejala bronkitis kronis timbul untuk mengkompensasi masalah kesehatan ini. Seringnya batuk dan pengusiran dahak menunjukan sebagai gejala pertama penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Efek Merokok Terhadap Kesehatan Paru-Paru

Alveoli pada paru-paru yang terkena asap rokok akan kehilangan fungsinya dalam mentranformer oksigen ke darah. Tahap kedua dari COPD ini adalah timbulnya emfisema yang ditandai dengan sesak nafas dan kesulitan saat menghembuskan nafas, menurut catatan ALA. Menurut data kematian rata-rata AS pada tahun 2008 dari Centers for Disease Control and Prevention, masalah kesehatan COPD menjadi penyebab kematian pada 92.900 kasus kematian tahunaan dan penyebab kematian dari 128.900 kasus kematian pertahun akibat kanker paru-paru.

Efek dari merokok juga berpengaruh terhadap pembuluh darah paru. Penggunaan tembakau dapat menyebabkan aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah, bila arteri pembuluh darah antara paru-paru dan jantung terkena dampak dari asap rokok dapat menyebabkan aritma atau gangguan irama jantung, gagal jantung, gagal ginjal,  pembekuan darah dan emboli paru, yang semuanya bisa berakibat fatal.

Mengingat bahaya yang di timbulkan akibat merokok sangat berbahaya bagi sistem pernafasan manusia, maka dari itu, agar kesehatan pernafasan tetap terjaga, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

Apa itu QnC Jelly Gamat?

QnC Jelly Gamat adalah obat untuk kesehatan pernafasan yang terbuat dari ekstrak teripang emas, yang memiliki kandungan mucopolusacharida yang lebih dikenal sebagai glycosaminoglycasn dalam teripang mampu melenturkan saluran pernafasan yang tersumbat. Kandungan tersebut akan memberikan efek perlendiran pada dinding saluran pernafasan. Anti-septik alamiah dalam teripang juga berperan aktif dalam menghambat kinerja enzim yang memicu kerusakan saluran pernafasan. Untuk informasi lengkap silahkan klik QnC Jelly Gamat.

Itulah pengaruh rokok terhadap sistem pernafasan yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Obat Kanker Kelenjar Getah Bening

Pengaruh Rokok Terhadap Sistem Pernafasan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *