Pentingnya Fungsi Kesehatan Ginjal Yang Baik Bagi Tubuh

Pentingnya Fungsi Kesehatan Ginjal Yang Baik Bagi Tubuh,- Adanya suatu penyakit ginjal dapat mempengaruhi tubuh yang berfungsi dalam membersihkan darah, menyaring air esktra dalam darah, serta membantu mengontrol atau mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Manusia dilahirkan memiliki 2 ginjal, di mana ia berada di kedua sisi tulang belakang tepat di atas pinggang.

Bila terjadi gangguan pada ginjal atau kerusakan, produk limbah dan cairan bisa terbentuk di tubuh. Kondisi ini tentu perlu anda waspadai di mana ia dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki, muntah, lemah, kurang tidur bahkan sampai sesak napas. Tanpa perawatan yang tepat dan cepat, kerusakan tersebut dapat berkembang buruk yang pada akhirnya menyebabkan ginjal kehilangan fungsinya atau berhenti bekerja.

Kenali yukK! Pentingnya Fungsi Kesehatan Ginjal Yang Baik Bagi Tubuh

Pentingnya Fungsi Kesehatan Ginjal Yang Baik Bagi Tubuh

Ketika ginjal sehat, ia berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dan mineral (seperti natrium, potassium dan fosfor) dalam darah, membantu mengeluarkan limbah dari darah setelah terjadinya pencernaan, aktivitas  otot dan paparan bahan kimia serta obat-obatan, pengahasil renin yang digunakan tubuh untuk membantu mengatur tekanan darah, penghasil zat kimia yakni erythropoietin yang meminta tubuh untuk membuat sel darah merah, pembentuk vitamin D yang aktif di mana ia dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan lainnya.

Masalah penurunan fungsi pada ginjal atau telah tiba² berhenti bekerja, secara medis hal ini disebut sebagai cedera ginjal akut atau gagal ginjal akut. Di mana mereka disebabkan oleh tidak cukupnya aliran darah ke ginjal, adanya kerusakan langsung pada ginjal dan lainnya.

(* makanan yang dilarang bagi pasien dengan gangguan fungsi ginjal

Ginjal yang tidak bekerja dengan baik yang berlangsung selama lebih dari 3 bulan secara medis kondisi ini disebut sebagai penyakit ginjal kronis. Sebagaimana kita ketahui, bahwa fungsi utama dari ginjal adalah membuang produk limbah dan adanya kelebihan cairan dari tubuh. Mereka di keluarkan melalu urine. Produuksi urin melibatkan langkah eksresi dan penyerapan ulang yang sangat kompleks. Proses ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan bahan kimia tubuh yang stabil.

(* Obat hancur batu empedu dari teripang

Ginjal bukan satu filter besar. Setiap ginjal terdiri dari sekitar satu juta unit penyaringan yang disebut nefron. Setiap nefron menyaring sejumlah kecil darah. Nefron mencakup saringan, yang disebut glomerulus, dan tubulus. Nefron bekerja melalui proses dua langkah. Glomerulus memungkinkan produk cairan dan limbah melewatinya. Namun, ini mencegah sel darah dan molekul besar, kebanyakan protein, dari lewat. Cairan yang disaring kemudian melewati tubulus, yang mengirimkan mineral yang dibutuhkan kembali ke aliran darah dan membuang limbah. Produk akhir menjadi air kencing.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan fungsi ginjal, mencakup :

  1. Tetap terhidrasi
  2. Makanlah atau ikuti diet sehat
  3. Berolahraga secara teratur
  4. Jangan terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit over-the-counter atau NSAID
    Kontrol berat badan
  5. Selalu perhatikan atau kontrol tekanan darah dan kolesterol
  6. Hindari kebiasaan merokok

Itulah sedikit ulasan mengenai Pentingnya Fungsi Kesehatan Ginjal Yang Baik Bagi Tubuh. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sehat..

By Agen Resmi Qnc Jelly Gamat

Pentingnya Fungsi Kesehatan Ginjal Yang Baik Bagi Tubuh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *