Pertanda Kadar Asam Urat Sudah Tinggi Dari Batas Normal

Pertanda Kadar Asam Urat Sudah Tinggi Dari Batas Normal

Pertanda kadar asam urat tidak normal sangat mudah dikenali bagi sebagian orang, namun masih ada yang kerap dibingungkan dengan ciri-ciri tingginya asam urat dalam tubuh mereka. Hiperurisemia merupakan istilah medis yang kondisi pertanda kadar asam urat seseorang naik atau dalam jumlah berlebihan dari batas normal.

Pertanda Kadar Asam Urat Sudah Tinggi Dari Batas Normal

Asam urat diproduksi selama pemecahan purin yang dibawa dari suatu makanan tertentu dan juga dibentuk oleh tubuh kita. Ketika kadar asam urat tiba-tiba tinggi bisa disebabkan karena dua alasan, yang pertama tubuh terlalu banyak memproduksi zat selama gangguan pencernaan atau karena ginjal tidak mampu menghilangkan atau menyaring asam urat keluar dari tubuh dengan benar.

Namun penyebab sebenarnya bukan hanya itu saja, masih ada beberapa faktor kondisi yang memicu tingkat asam urat menjadi naik, termasuk diantaranya obesitas, diabetes, alkohol dan lainnya.

Tanda dan Gejala Kelebihan Asam Urat

Terlalu banyak asam urat di dalam tubuh banyak menyebabkan gejala sendi yang meliputi rasa sakit, peradangan, pembengkakan, kemerahan dan kelembutan ketika disentuh. Seseorang yang terkena biasanya mengatakan bahwa sendi mereka terasa panas.

Salah satu tempat yang paling umum menonjol dan terlihat terkena asam urat tinggi adalah jempol kaki. Namun tidak bisa dipungkiri, juga dapat mempengaruhi ke bagian lain tubuh seperti tumit, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan dan siku.

Benjolan Akibat Asam Urat Naik

Kadar asam urat yang semakin menumpuk sekian lama, biasanya akan terkristal membantuk benjolan di bawah kulit. Kondisi ini juga disebut sebagai TOPHI dan biasanya mereka tidak mengalami kesakitan. Namun dengan seiringnya waktu, benjolan bisa menjadi bengkak dan lunak.

Dampak asam urat yang menumpuk di ginjal atau saluran kemih dapat mengembangkan pembentukan batu ginjal. Masalah ini biasanya rentan terjadi pada pria dibandingkan wanita. Gejala akibat batu ginjal, seringkali mereka mengeluh sakit punggung, nyeri di perut, sakit di daerah selangkangan, demam tinggi, tubuh menggigil, mual dan muntah serta adanya darah dalam urin.

Itulah sedikit informasi dalam mengenal gejala asam urat yang tinggi. Cara alami untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh dapat meliputi, lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat yang dapat mengurangi asam urat itu sendiri, banyak minum air putih, hindari penggunaan alkohol dan lainnya.

Pastinya semua orang tidak ingin hidup dengan rasa ketidaknyamanan serta berbagai ancaman berbahaya akibat asam urat di kemudian hari. Ketidaknyamanan saat asam urat yang kambuh, bisa mengganggu kualitas tidur maupun saat beraktivitas baik dalam lingkungan dalam maupun luar, hal ini juga seringkali merubah mood seseorang menjadi mudah emosi, stres, depresi.

Bahaya komplikasi asam urat ini secara perlahan atau cepat mengundang beberapa penyakit serius diantaranya ; kerusakan sendi dimana menjadi kaku, sulit untuk digerakkan, gagal ginjal, jantung koroner dan diabetes. Maka dari itu, segera periksakan ke dokter tentang kondisi anda sekarang, jika dirasa pertanda kadar asam urat sudah tinggi tengah terjadi pada anda saat ini. Jika penanganan cepat dilakukan, maka proses penyembuhan akan lebih mudah & cepat.

By kolom herbal

Simak juga :

Pertanda Kadar Asam Urat Sudah Tinggi Dari Batas Normal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.