Pertumbuhan Kanker Akibat Tumor Ovarium

Pertumbuhan Kanker Akibat Tumor Ovarium,- Kanker dimulai saat sel² di tubuh mulai tumbuh tak terkendali. Sel ini dapat membentuk hampir disemua bagian tubuh dan bahkan bisa menyebar ke daerah bagian tubuh lain. Lantas apa hubungan tumor ovarium ke sel kanker? Ovarium adalah kelenjar reproduksi yang hanya ditemukan pada wanita. Di mana fungsinya untuk menghasilkan telur dan berkembang menjadi janin. Ovarium juga merupakan sumber utama hormon estrogen dan progesteron wanita. Setiap satu ovarium terletak di setiap sisi rahim di panggul.

Ovarium terdiri dari 3 jenis utama sel. Setiap jenis sel bisa berkembang menjadi tipe tumor yang berbeda:

  • Tumor epitel dimulai dari sel-sel yang menutupi permukaan luar ovarium.
  • Tumor sel germinal dimulai dari sel yang menghasilkan telur (ova).
  • Tumor stroma dimulai dari sel jaringan struktural yang menahan ovarium bersama dan menghasilkan hormon wanita estrogen dan progesteron.

Sebagian besar tumor tersebut bersifat jinak atau nonkanker dan tidak pernah menyebar sampai ke luar ovarium. Namun tidak menutup kemungkinan, tumor ovarium yang tidak segera diobati dapat berpotensi menjadi kanker ganas yang dapat menyebar atau bermestastasis ke bagian tubuh lain yang bahmkan dapat berakibat fatal.

WASPADA !! Pertumbuhan Kanker Akibat Tumor Ovarium Wajib Wanita Ketahui Disini..

Pertumbuhan Kanker Akibat Tumor Ovarium

Tumor ovarium kanker epitel disebut juga sebagai karsinoma yang dapat terjadi sekitar 85 sampai 90%. Ketika seseorang terdiagnosis terkena kanker ovarium, berarti mereka biasanya memiliki sel tumor ini. Di mana sel tumor ini memiliki beberapa ciri yang bisa dilihat di bawah mikroskop ang bisa digunakan untuk mengklasifikasikan karsinoma ovarium epitel ke dalam jenis yang berbeda. Jenis serous adalah yang paling umum, tapi ada jenis lain seperti mucinous, endometrioid, dan clear cell.

(* Baca Juga : Manfaat Luar Biasa Jahe Untuk Penderita Tumor Ovarium

Jika sel tidak terlihat seperti salah satu dari 4 subtipe  tersebut, tumor dapat diklasfiikasikan tidak berdiferensiasi. Karsinoma ovarium epitel yang tidak berdiferensiasi cenderung tumbuh dan menyebar lebih cepat daripada jenis lainnya. Karsinoma ovarium epitel dikelompokkan berdasarkan subtipe ini, serta memiliki nilai dan stadium yang berbeda-beda.

Karsinoma stadium 1 lebih mirip pada jaringan normal dan cenderung memiliki prognosis atau pandangan yang tidak buruk. Tahap tumor menggambarkan seberapa jauh tumor telah menyebar dari tempat ia mulai di ovarium. Kanker ovarium epitel cenderung menyebar ke lapisan dan organ panggul dan perut (perut) terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di rongga perut (asites). Mereka juga dapat berkembang atau bisa menyebar ke paru² dan hati, atau jarang ke bagian otak, tulang dan kulit. Kanker tuba falopi termasuk jenis kanker langka yang mirip dengan kanker ovarium epitel. Di mana ia dimulai pada tabung yang membawa telur dari ovarium ke rahim (tuba falopi), dengan gejala yang memilki kesamaan dengan kanker ovarium.

Tumor sel germinal atau sel kuman ovarium biasanya membentuk ova atau telur pada wanita dan sperma pada pria. Meskipun umumnya bersiifat jinak, kurang dari 2% kanker ovarium dapat terjadi akibat dari tumor sel kuman. Ada beberapa subtipe tumor sel benih. Tumor sel kuman yang paling umum adalah teratoma, dysgerminoma, tumor sinus endodermal, dan koriokarsinoma.

Tumor sel kuman ini memiliki bentuk jinak yang disebut teratoma matang dan bentuk kanker yang disebut teratoma belum matang. Pada teratoma dewasa adalah tumor sel kandung ovarium paling umum. Di mana ia biasanya termasuk tumor jinak yang mempengaruhi  kesuburan wanita usia 40tahunan. Hal ini sering disebut kista dermoid karena lapisannya terdiri dari jaringan yang mirip dengan kulit (dermis). Tumor atau kista ini dapat mengandung berbagai jenis jaringan jinak termasuk, tulang, rambut, dan gigi. Sedangkan pada teratoma yang belum matang, lebih rentan terjadi pada wanita usia 18tahunan. Ini adalah kanker langka yang mengandung sel-sel yang terlihat seperti jaringan embrio atau janin seperti jaringan ikat, saluran pernafasan, dan otak.

  • Dysgerminoma adalah jenis kanker yang jarang terjadi, namun termasuk kanker  sel kandung ovarium yang paling umum serta biasanya rentan terjadi pada wanita remaja pada usia 20tahunan.
  • Tumor sinus endodermal (tumor kantung kuning telur) dan koriokarsinoma, di mana mereka cenderung tumbuh dan menyebar dengan cepat namun biasanya sangat sensitif terhadap kemoterapi. Choriocarcinoma yang dimulai di plasenta (selama kehamilan) lebih sering terjadi daripada jenis yang dimulai di ovarium. Koriokarsinoma plasenta biasanya merespons kemoterapi lebih baik daripada koriokarsinoma ovarium.

Tumor stroma ovarium lebih banyak ditemukan terjadi pada wanita usia di atas 50 tahun, namun kemungkinan besar dapat terjadi sekitar 5% pada wanita usia muda. Gejala yang paling umum dari tumor stroma ovarium adalah pendarahan vagina yang abnormal. Hal ini terjadi karena banyak dari tumor ini menghasilkan hormon wanita (estrogen). Hormon ini bisa menyebabkan pendarahan vagina (seperti menstruasi) untuk memulai lagi setelah menopause. Pada gadis muda, tumor ini juga bisa menyebabkan menstruasi dan perkembangan payudara terjadi sebelum pubertas.

Jenis tumor stroma ganas (kanker) meliputi tumor sel granulosa (tipe yang paling umum), tumor granulosa-theca, dan tumor sel Sertoli-Leydig, yang biasanya dianggap sebagai kanker kelas rendah. Thecomas dan fibroma adalah tumor stroma jinak. Tumor stroma kanker sering ditemukan pada tahap awal dan memiliki pandangan yang baik, dengan lebih dari 75% pasien dapat bertahan dalam jangka panjang.

Itulah sedikit ulasan mengenai tahap pertumbuhan kanker akibat tumor ovarium yang perlu diwaspadai wanita sejak dini, semoga informasinya bermanfaat..


Ingin Segera Sembuhkan Tumor Ovarium Secara Alami?

Tepat Disini Kami Punya Solusinya.. Ini Dia QNC JELLY GAMAT produk kesehatan ASLI indonesia telah teruji klinis serta dilengkapi dengan legalitas terdaftar di DEPKES P-IRT No : 109321601291-1229 dan berlabel 100% HALAL dari MUI. Terbuat dari perpaduan bahan kualitas Alami pilihan, sehingga 100% Aman Bebas Efek Samping.

info lengkap, SEGERA KUNJUNGI >>> Obat Herbal Tumor Ovarium Tanpa Operasi

By agen Resmi Qnc Jelly Gamat

Pertumbuhan Kanker Akibat Tumor Ovarium

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *