Awas, Radang Usus Buntu Bisa Sebabkan Kematian

Awas, Radang Usus Buntu Bisa Sebabkan Kematian,- Kasus penyakit radang usus buntu yang bisa menyebabkan kematian rupanya bukan menjadi hal yang asing terdengar di telinga. Pasalnya, banyak sekali orang yang meninggal akibat radang usus buntu. Contohnya seperti Aktor Dedi Petet dan Ade Juwita yang meninggal dunia akibat dari penyakit yang menyerang pencernaan ini.

Awas, Radang Usus Buntu Bisa Sebabkan Kematian

Awas, Radang Usus Buntu Bisa Sebabkan KematianRadang usus buntu (Apendisitis) merupakan kondisi medis serius dimana usus buntu, organ kecil berbentuk seperti jari yang melekat pada usus besar menjadi bengkak dan meradang. Penyebab utama adalah radang usus buntu adalah penyumbatan. Penyumbatan ini dapat disebabkan oleh fases, benda asing atau kanker. Saat tersumbat, bakteri dapat tumbuh dan berkembang. Hal ini menyebabkan usus buntu membengkak dan terisi nanah. Jika usus buntu pecah, bakteri dapat menyebar dan menyebabkan infeksi ke seluruh tubuh.

Penyakit usus buntu bisa menyebabkan kematian ini bisa terjadi bila usus memecah dan isinya menyebar ke rongga perut (peritonitas) sampai ke seluruh tubuh hingga memicu infeksi. Seperti yang diutarakan oleh dr Andra Azwar SpPD dari RS Royal Taruma Jakarta, bahwa usus buntu bisa mematikan jika infeksinya sudah berat sekali dan ditandai dengan leukosit yang meningkat karena diduga infeksi sudah menyebar ke seluruh tubuh.

Sayangnya, kebanyakan orang datang ke rumah sakit saat kondisi sudah bocor. Semestinya, saat usus sudah mulai meradang, penderita harus segera periksa ke dokter. Peradangan akibat usus buntu ini ditandai dengan nyeri perut pada area tengah atas dekat pusar, nyeri juga bisa berpindah ke perut kanan bawah. Selain nyeri pada perut, juga dapat disertai dengan gejala lain seperti :

  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Konstipasi atau diare
  • Tidak dapat kentut
  • Perut membesar
  • Demam ringan

dr Andra menyarankan untuk segera melakukan operasi jika radang usus buntu yang diderita sudah akut dan menunjukan tanda-tanda seperti yang telah disebutkan diatas. Radang yang tidak segera di operasi bisa membuat peradangan abdomen dan mematikan . Oleh karena itu, jalan satu-satunya untuk mengatasi usus buntu yakni harus segera melakukan operasi untuk mengangkat usus buntu tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Obat Radang Usus Buntu Tanpa Operasi

Awas, Radang Usus Buntu Bisa Sebabkan Kematian

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *