Redakan Gejala Kram Menstruasi Dengan Cara Alami

Redakan Gejala Kram Menstruasi Dengan Cara Alami,- Rasa sakit atau nyeri saat menstruasi sebenarnya adalah hal yang normal atau lumrah terjadi. Hanya saja jika nyeri tersebut sudah mengganggu aktivitas sehari-hari maka harus lebih berhati-hati lagi.

Nyeri saat menstruasi tidak selalu berbahaya jika dalam pemeriksaan tidak ditemukan faktor penyebab yang membahayakan. Akan tetapi jika dalam pemeriksaan ditemukan beberapa faktor mendasar seperti endomentiosis, kista, absormalisasi saluran genital dan mioma, makan penanganannya berdasarkan faktor yang mendasarinya seperti obat-obatan atau bahkan operasi.

Redakan Gejala Kram Menstruasi Dengan Cara Alami

Nyeri perut atau kram saat haid disebut dismenore, gejalanya berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang sakitnya samar-samar ada juga yang sakitnya tak tertahankan. Pada umumnya nyeri haid disebabkan karena ketidakseimbangan hormonal. Kram dan rasa nyeri tersebut timbul akibat adanya kontraksi pada uterus yang mengakibatkan terjadinya pelepasan zat kimia yang disebut prostaglandin. Tingginya kadar prostaglandin menyebabkan rasa mual dan sakit kepal ringan.

Redakan Gejala Kram Menstruasi Dengan Cara AlamiUntuk mengatasi rasa tidak nyaman  tersebut, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini :

  • Perbaiki Pola Makan
    Ganti sumber lemak jahat dengan sayur dan buah yang dapat membantu meredakan kram menstruasi. Sebaiknya konsumsi lemak dari ikan, kacang, dan minyak zaitun yang jauh lebih sehat daripada lemak yang berasal dari daging merah. Begitu pun saat minum susu, pilihlah yang rendah lemak.
  • Banyak Minum Air
    Saat haid, Kamu bisa menyiapkan sebotol air yang mudah dibawa untuk bepergian. Dengan menambahkan perasan lemon ke dalamnya akan memberi rasa dan menggugah selera. Minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung. Namun, air bisa mengatasi perut kembung, sebuah kondisi yang bisa membuat kram terasa lebih buruk.
  • Kompres Air Hangat
    Kamu bisa menempelkan botol berisi air panas (jangan air mendidih) ke area yang kram. Selain meredakan rasa sakit, sensasi hangat ini juga bisa membuat area yang kram terasa lebih rileks.
  • Manjakan Tubuh Dengan Pijatan
    Memijat lembut area perut bawah dengan gerakan memutar mungkin bisa membantu meredakan sakit. Kamu bisa  melakukan pijatan beberapa hari sebelum haid tiba.
  • Jangan Mager
    Rasa tidak nyaman saat haid mungkin membuatmu malas bergerak alias ‘mager’. Tapi kamu harus melawannya dengan aktif bergerak seperti berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh dapat memproduksi endorfin, hormon yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati. Olahraga yang bisa Kamu lakukan antara lain aerobik, lari, jalan santai, bersepeda, atau berenang. Kamu juga bisa melakukan olahraga yang membuat tubuh sekaligus pikiran rileks seperti yoga atau pilates.

Disarankan untuk mengonsultasikan ke dokter jika kram perut yang Kamu alami terasa sangat sakit dan datang secara tiba-tiba, disertai demam, keluar gumpalan darah dalam jumlah banyak, atau keluar cairan vagina yang kental dan berbau busuk.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

By Kolom Herbal

Baca juga : Obat Tradisional Penyakit Darah Tinggi

Redakan Gejala Kram Menstruasi Dengan Cara Alami

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *