Setelah Operasi Hernia Pada Anak

Setelah Operasi Hernia Pada Anak,- Hernia adalah benjolan atau penonjolan organ (biasanya usus atau lemak kecil) melalui kelemahan atau lubang di dinding otot perut. Hal ini biasanya terlihat sebagai tonjolan di bawah kulit. Hernia inguinalis adalah hernia yang terjadi di wilayah selangkangan. Hal ini lebih sering terjadi pada anak laki-laki dan pada bayi prematur 7-30%. Anak laki-laki 4-8 kali lebih mungkin beresiko terkena hernia inguinalis dibandingkan perempuan. Pada anak laki-laki, hernia inguinal dapat meluas ke skrotum.

Setelah Operasi Hernia Pada Anak

Apa Penyebab Hernia Pada Anak?

Pada anak laki-laki, testis awalnya terletak di perut. Sekitar bulan ketujuh kehamilan, testis berjalan ke dalam skrotum melalui sebuah bagian yang disebut kanalis inguinalis. kanal akan mulai menutup sebelum kelahiran dan biasanya benar-benar menyatu atau menutup pada akhir tahun pertama kehidupan. Jika kanal ini tidak menutup sepenuhnya dan otot-otot di dinding perut tidak mencakup pembukaan yang cukup baik, maka hernia dapat berkembang.

Meskipun kecil kemungkinan, anak perempuan juga dapat mengembangkan hernia inguinalis. Mereka memiliki bagian serupa tetapi lebih kecil.

Bayi yang berisiko tinggi terkena hernia, termasuk :

  • Lahir prematur atau dengan berat badan lahir rendah
  • Riwayat keluarga yang terkena hernia inguinalis
  • Memiliki masalah urologi lainnya (misal testis yang tidak turun).

Pembukaan di dinding perut hadir sejak lahir dan hernia dapat berkembang setiap saat. Mereka biasanya hadir pada bayi baru lahir atau dalam tahun pertama kehidupan. Namun, mereka mungkin tidak diketahui selama bertahun-tahun. Tidak ada pengobatan rutin pada bayi yang baru lahir untuk mencegah perkembangan hernia. Hernia lebih umum terjadi di sisi kanan, namun tidak jarang dapat terjadi di sebelah kiri atau di kedua sisi.

Apakah Operasi Hernia Memang Diperlukan ?

Bedah atau operasi diperlukan dalam beberapa kasus. Herniotomi akan mencegah hernia datang kembali. Tingkat kekambuhan kurang dari 1% dalam hernia parah. Jika hernia terdeteksi dan dikoreksi lebih awal, selain dari bekas luka kecil akibat operasi seharusnya tidak ada komplikasi jangka panjang. Simak >> Obat Herbal Pasca Operasi Hernia

Bahkan hernia yang terbilang jinak membawa risiko lebih buruk. Jika tidak diobati dengan cepat dapat menyebabkan peristiwa yang mengancam jiwa langsung termasuk obstruksi usus, perforasi usus dan bahkan kematian.

Komplikasi jangka panjang yang melibatkan organ reproduksi dapat terjadi, ini termasuk risiko testis pada pria dan indung telur pada wanita dapat membuat suplai darah menjadi terputus, jika anak anda memiliki hernia pada satu sisi, ada kemungkinan kecil terjadi hernia di sisi lain. Dokter bedah akan membicarakan dengan anda pro dan kontra dari operasi pada sisi terpengaruh untuk mencegah perkembangan hernia masa depan pada anak anda.

Resiko Apa Yang Terjadi Pada Operasi Hernia?

Dalam setiap prosedur bedah atau operasi, ada resiko efek samping dari obat bius, infeksi luka dan pendarahan. Risiko terjadi kurang dari satu dalam seratus. Komplikasi spesifik dalam operasi hernia memang cukup langka. Mereka mungkin termasuk:

  • Cedera pada testis dengan penurunan ukuran testis pada jangka panjang. Namun, jika hernia yang terperangkap, testis mungkin sudah rusak karena kekurangan suplai darah dan hasilnya mungkin tidak akan mendapatkan hasil karena operasi itu sendiri.
  • Kerusakan pada vas deferens, yang merupakan tabung yang membawa sperma dari testis. Dokter bedah akan meminimalkan risiko ini dengan mengidentifikasi vas (sering dibantu dengan memakai kaca pembesar) dan melindungi vas dan pembuluh sekitarnya.
  • Kerusakan saraf, memasok sensasi kulit di atas luka. Hal ini akan mengakibatkan mati rasa atas luka.

Baca juga : Efek Samping Operasi Hernia

Hal Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum Operasi?

Anak anda mungkin perlu untuk berpuasa sebelum operasi. Waktu dan durasi puasa akan bervariasi, tergantung pada prosedur apakah itu pagi atau sore. Jika anak anda di bawah usia enam bulan, prosedur akan berbeda jika masih menyusui atau membutuhkan susu formula. Dalam suatu hal penahanan, operasi mungkin perlu dilakukan segera.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Operasi Hernia Pada Anak?

Biasanya anak anda dapat segera pulang setelah menjalani operasi hernia. Namun, dalam beberapa keadaan, anak anda mungkin perlu untuk menginap di rumah sakit untuk observasi. Hal ini mungkin terjadi karena:

  • Operasi hernia dilakukan sebagai langkah darurat.
  • Anak anda berusia kurang dari enam minggu (atau lahir prematur).
  • Anak anda memiliki penyakit yang sudah ada.
  • Operasi sulit dilakukan karena hernia yang terperangkap.

Penanganan di Rumah

Setelah anak anda berada di rumah, ia mungkin akan disarankan untuk mencoba diet ringan dan mengkonsumsi makanan lunak. Hindari makanan berminyak dan makanan junk food lainnya, seperti pizza dan makanan cepat saji. anak anda dapat melanjutkan diet normal pada hari berikutnya.

Kegiatan
Setelah operasi hernia pada anak, aktivitas anak mungkin perlu dibatasi terlebih dahulu selama waktu penyembuhan bekas operasi hernia.

  • Dokter bedah akan menentukan kapan anak anda dapat melanjutkan aktivitas normal kembali.
  • Anak anda dapat kembali ke sekolah setelah 2-4 hari pasca operasi dilakukan.
  • Jangan melakukan aktifitas seperti bersepeda selama satu minggu.
  • Berpartisipasi dalam olahraga kontak dan kelas olahraga tidak diizinkan, sampai penunjukan tindak lanjut dari dokter bedah (biasanya 4 sampai 6 minggu).
  • Berenang diizinkan 1 minggu setelah operasi.
  • Hindari melakukan aktifitas berat lainnya terlebih dahulu.

INGIN SEGERA PULIH SETELAH MELAKUKAN OPERASI HERNIA ??

Kami Punya SOLUSINYA !!
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Solusi untuk Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi Hernia

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati luka bekas operasi hernia secara ALAMI dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Harga dan Cara Beli Jelly Gamat

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda serta mengantarkan Anda menuju solusi penyembuhan hernia secara alami. Simak pula artikel kesehatan lainnya dan solusi pengobatan berbagai masalah kesehatan pada situs kami >> www.kolomherbal.com

Setelah Operasi Hernia Pada Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *