Sumber Nutrisi Vitamin A Untuk Mata Selain Wortel

Ketahui disini banyak Sumber Nutrisi Vitamin A Untuk Mata Selain Wortel membantu dari ragam keluhan seperti mata minus, mata refraksi, radang saraf mata, retina yang rusak sampai mencegah dari risiko kebutaan.

Vitamin A merupakan sekelompok senyawa antioksidan yang memang sangat berperan penting untuk penglihatan jauh lebih baik, membantu pertumbuhan tulang dan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Manfaat vitamin A untuk mata efektif membantu permukaan mata, selaput lendir dan kulit menjadi penghalang terhadap pertumbuhan bakteri dan virus, mengurangi risiko infeksi mata, masalah pernapasan dan ancaman penyakit lainnya. Vitamin A juga berperan sebagai komponen protein yang disebut rhodopsin, yang membantu retina menyerap cahaya.

Pilihan Sumber Nutrisi Vitamin A Untuk Mata Selain Wortel Yang Paling Tepat

Sumber Nutrisi Vitamin A Untuk Mata Selain Wortel

Sumber makanan vitamin A yang berasal dari hewan disebut sebagai retinol, seperti kuning telur, daging sapi, hati ayam, susu, keju dan lainnya. Sedangkan makanan tinggi vitamin A dari buah dan sayuran dikenal sebagai karotenoid “provitamin A” yang diubah menjadi retinol oleh tubuh setelah makanan dicerna.

Wortel sudah dikenal dengan vitamin A nya yang sangat tinggi dan paling baik untuk mata. Namun tidak hanya wortel yang efektif dalam menjaga kesehatan mata. masih banyak sumber makanan yang mengandung vitamin A untuk kesehatan mata bisa lengkapi dari labu, ubi jalar, bayam, melon, mangga, sawi hijau dan lainnya.

Bayam dan kale kaya mengandung lutein dan zeaxanthin, dimana senyawa antioksidan ini terkonsentrasi di retina dan lensa, sehingga menurunkan risiko pengembangan katarak, memberikan perlindungan terhadap kerusakan retina dan melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Sedangkan ubi jalar mengandung beta karoten seperti wortel.

Vitamin A dalam telur efektif dalam meningkatkan kesehatan fungsi mata secara keseluruhan, sehingga terlindung dari risik kebutaan dan mata kering di mana karotenoid, luteinnya mengurangi risiko degenerasi makula. Telur juga mengandung zeaxanthin,  antioksidan yang ditemukan dalam kuning telur yang dapat membantu melindungi mata terhadap radiasi UV dari matahari seperti bayam dan kale.

Daging sapi juga tinggi akan seng, yang mana mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan mata yang biasanya terganggu setelah usia lanjut serta mencegahnya dari risiko degenerasi makula. Mata itu sendiri mengandung kadar seng yang tinggi, khususnya di retina, dan jaringan vaskular yang mengelilingi retina.

Ketahui kekurangan vitamin A sangat kemungkinan besar mempengaruhi kesehatan mata, di mana ia dapat menyebabkan kornea mata menjadi sangat kering, akibatnya terjadilah kekeruhan pada bagian depan mata ulkus kornea dan kehilangan penglihatan. Dampak kekurangan vitamin A pada mata lainnya memicu kerusakan pada retina, yang juga berkontribusi pada kebutaan.

Itulah sedikit informasi mengenai Sumber Nutrisi Vitamin A Untuk Mata Selain Wortel. Semoga bermanfaat dan salam sehat, by kolom herbal

Sumber Nutrisi Vitamin A Untuk Mata Selain Wortel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.