Tanaman Obat Yang Bisa Meredakan Nyeri Saat Haid

Tanaman Obat Yang Bisa Meredakan Nyeri Saat Haid,- Nyeri saat haid memang sangat mengganggu aktivitas, khususnya di hari pertama sampai hari ketiga. Gejala yang ditimbulkan pada saat haid bukan hanya rasa sakit saja, melainkan diikuti dengan rasa mual seperti ingin muntah, sakit kepala dan mulas yang bisa melemahkan perempuan. Pada umumnya, nyeri haid disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Rasa nyeri tersebut timbul akibat adanya kontraksi pada uterus yang mengakibatkan terjadinya pelepasan zat kimia yang disebut dengan prostaglandin.

Tanaman Obat Yang Bisa Meredakan Nyeri Saat Haid

Tanaman Obat Yang Bisa Meredakan Nyeri Saat HaidKarena tidak kuat untuk menahan rasa nyeri tersebut, biasa perempuan akan langsung mencari obat untuk meredakan rasa nyerinya. Namun yang perlu kamu ingat guys, jangan sembarangan mencari obat untuk meredakan nyeri saat haid, karena sudah banyak obat pereda nyeri haid yang menggunakan bahan kimia dan menimbulkan efek samping bagi kesehatan kamu guys.

Agar terhindar dari efek samping tersebut, ada cara lain yang bisa kamu pakai untuk meredakan nyeri haid. Caranya adalah dengan menggunakan tanaman obat / herbal, berikut beberapa tanaman yang bisa meredakan nyeri saat menstruasi, diantaranya :

  • Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa meredakan nyeri haid. Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri. Pereda nyeri alami ini tidak akan memberikan efek samping bagi lambung Anda layaknya obat pereda nyeri lain yang dibeli di apotek.

Cara membuatnya sangat mudah, parut dua ruas kunyit, seduh dengan 1 gelas air panas yang sudah mendidih, saring dan kemudian tambahkan madu atau gula jawa secukupnya. Diminum ketika sudah hangat 1 hari sekali.

  • Daun Mint

Daun mint adalah bahan herbal yang ampuh untuk meredakan nyeri saat datang bulan. Cara membuatnya pun cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan daun mint dengan teh, kemudian seduh dengan air panas, campuran teh dan daun mint tersebut sangat ampuh mengurangi rasa sakit saat datang bulan.

  • Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang efektif meringankan nyeri saat haid. Praktisi Kesehatan Holistik Rina Poerwadi menyarankan untuk meminum air jahe 1 minggu sebelum datangnya menstruasi. Jahe mengandung aspirin alami yang bisa meredakan nyeri saat haid dan memberikan efek menghangatkan sehingga bisa lebih rileks dan nyaman.

Untuk membuat minuman jahe, memarkan 1/4 jahe kemudian rebus bersama air dalam panci. Rebus hingga berwarna kecoklatan lalu tuang ke dalam teko. Anda juga bisa mencampurnya dengan perasan jeruk lemon agar rasanya lebih segar.

  • Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat antispasmodic, anticlotting dan anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri haid. Selain itu, kayu manis merupakan sumber serat makanan, kalsium, besi dan mangan yang sangat baik. Buatlah teh kayu manis dengan mengaduk seperempat sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir air panas. Biarkan sampai lima menit, tambahkan sedikit madu dan kemudian minum perlahan-lahan.

Minum dua sampai tiga cangkir teh kayu manis satu sampai dua hari sebelum haid dimulai untuk mencegah nyeri haid. Tambahkan satu setengah sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok madu dalam segelas air hangat. Minum tiga kali selama hari pertama menstruasi untuk menghilangkan rasa sakit.

  • Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung zat yang disebut caffeic acid yang bermanfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi daun kemangi dapat membantu meringankan rasa sakit ketika haid. Tapi perlu anda perhatikan juga, daun kemangi bisa menurunkan tekanan darah, sehingga dalam mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan. Untuk mendapatkan manfaat dari daun kemangi ini, cukup dicampurkan pada masakan atau dimakan langsung sebagai lalapan.

Itulah beberapa tanaman yang bisa kamu jadikan sebagai obat pereda nyeri haid yang alami. Penggunaan beberapa tanaman tersebut sudah di gunakan sejak zaman nenek moyang dan khasiatnya tentu sangat mujarab. Selain efektif, penggunaan tanaman herbal untuk meredakan nyeri haid juga dapat meminimalisir adanya efek samping yang merugikan kesehatan dan juga mudah di dapat.

Jika kamu sudah mencoba melakukan pengobatan menggunakan beberapa tanaman tersebut, namun rasa sakit yang ditimbulkan rak kunjung reda, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena jika rasa nyeri tersebut tak kunjung reda, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius, seperti adanya penyakit miom.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Pengobatan Tradisional Penyakit Miom

Tanaman Obat Yang Bisa Meredakan Nyeri Saat Haid

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *