Tanda Dan Gejala Lengkap Penyakit Hipertrofi Prostat

Tanda Dan Gejala Lengkap Penyakit Hipertrofi Prostat

Tanda Dan Gejala Lengkap Penyakit Hipertrofi Prostat (pembesaran prostat) pada pria,- Kasus yang mengalami kondisi pembesaran prostat banyak yang tidak menyadari akan gejala-gejala yang ditimbulkannya selain setelah terdiagnosis oleh dokter ahlinya.

Namun begitu, tepat anda berada disini cara mengenal apa saja ciri-ciri pria terkena hipertrofi prostat atau pembesaran prostat akan kami bahas disini secara lengkap agar bisa dilakukan pengobatan secara cepat dan tepat jika anda kini sedang mengalaminya ;

Tanda Dan Gejala Lengkap Penyakit Hipertrofi Prostat

Tanda Dan Gejala Lengkap Penyakit Hipertrofi Prostat

Tanda Dan Gejala Lengkap Penyakit Hipertrofi Prostat, hampir sama dengan penderita yang mengalami penyakit infeksi saluran kemih. Sering buang air kecil terutama di waktu malam hari, sulit untuk berkemih, harus mengejan saat kencing, kekuatan aliran air kencing sangat lemah, bukan lancar dan seringkali diakhiri dengan tetesan serta perasaan bahwa kandung kemih belum sepenuhnya keluar atau  tuntas, aliran urine terputus-terputus saat buang air kecil, tidak mampu menahan jika ingin buang air kecil, beser, serta urine yang keluar terkadang disertai mengandung darah.

Hipertrofi prostat atau BPH secara singkatnya, merupakan kondisi yang terjadi akibat proses bertambahnya jumlah sel-sel kelenjar dan jaringan penyokong pada prostat sehingga menimbulkan berbagai gejala terganggunya proses berkemih karena letaknya yang mengelilingi uretra atau saluran kemih pria.

Prostat adalah kelenjar otot kecil dalam sistem reproduksi laki-laki. Dari luar prostat sendiri tidak bisa lihat dari luar, karena letak prostat berada di dalam dan mengelilingi uretra. Pria dapat mengalami kelenjar prostat semakin mengalami pembengkakan seiring berjalannya usia. Pembengkakan pada prostat memang tidak bersifat kanker ganas, hanya saja mengingat dampak yang diakibatkan karena pembesaran prostat begitu sangat mengganggu proses berkemih pria sehingga kondisi tersebut perlu ditangani

BACA JUGA : BAHAYA KOMPLIKASI PEMBESARAN PROSTAT

Selain itu, Kelenjar prostat merupakan sebuah kelenjar berukuran kecil yang terletak pada rongga pinggul antara kandung kemih dan penis yang mana peran kelenjar prostat menghasilkan cairan yang berfungsi untuk menyuburkan dan melindungi sperma-sperma. Saat terjadi ejakulasi atau proses klimaks ketika berhubungan intim, prostat kemudian akan berkontraksi sehingga cairan tersebut akan dikeluarkan bersamaan dengan sperma, hingga menghasilkan cairan semen.

Untuk mendiagnosis penyakit BPH, biasanya akan dilakukan beberapa tes pada pasien diantaranya :

  • tes urine bertujuan agar mengetahui kondisi yang dialami penderita bukanlah disebabkan karena BPH
  • biopsi prostat berupa sampel jaringan di laboratorium
  • tes darah
  • tes kelancaran aliran urine biasanya dengan memasukan kateter yang dilengkapi kamera ke dalam saluran kemih penderita. Kemudian dokter akan memantau dalam monitor untuk melihat seberapa besar tekanan di dalam kandung kemih
  • tes neurologi yaitu pemeriksaan terkait dengan kesehatan mental serta sistem saraf
  • CT urogram berupa metode untuk mengetahui keadaan saluran kemih, misalnya jika ada kerusakan atau adanya penyumbatan yang disebabkan penyakit lain seperti batu kandung kemih atau batu ginjal.
  • Pielografi intravena. Pada prosedur ini, dokter menyuntikkan bahan kontras melalui pembuluh darah lalu mengambil gambaran ginjal dengan foto Rontgen, untuk memeriksa fungsi ginjal dan aliran urine dari ginjal menuju kandung kemih.
  • USG transrektal atau USG melalui dubur guna mengetahui apakah pasien menderita BPH atau kondisi lainnya seperti kanker.
  • Sistoskopi yaitu pemeriksaan keadaan uretra dan kandung kemih dari dalam

Tes-tes lebih lanjut juga dapat membantu dokter memberikan pengobatan yang tepat terhadap kondisi yang dialami pasiennya.  Demikian sedikit informasi mengenai Tanda Dan Gejala Lengkap Penyakit Hipertrofi Prostat. Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat, by agen resmi qnc jelly gamat

Tanda Dan Gejala Lengkap Penyakit Hipertrofi Prostat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.