Tanda-Tanda Glaukoma

Tanda-Tanda Glaukoma PENYEBAB KEBUTAAN KEDUA SETELAH KATARAk

Bagaimana Tanda-Tanda Glaukoma yang harus dikenali dari sekarang sebelum terlambat? Tepat anda berada disini, ketahui glaukoma merupakan salah satu jenis gangguan penglihatan yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada saraf optik karena adanya tekanan di dalam mata. Jika tidak ditangani, penderita bisa mengalami kehilangan fungsi penglihatan bahkan jadi buta.

Tanda-Tanda Glaukoma

Tekanan bola mata yang meningkat dapat disebabkan oleh menumpuknya cairan yang terdapat di dalam mata. Dalam keadaan notmal, cairan mengalir melalui saluran pada mata yang disebut dengan trabecular meshwork. Tetapi cairan bisa menumpuk karena produksinya yang secara berlebihan atau jika cairan tidak dapat dialirkan keluar dengan lancar.

Kebanyakan orang dengan glaukoma tidak memiliki gejala awal atau bahkan rasa sakit sedikitpun. Sehingga tidak ada perasaan curiga terhadap kondisi yang sedang mereka alami saat itu. Maka glaukoma sering dianggap sebagai pencuri penglihatan diam-diam.  Glaukoma lebih rentan dialami pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas, namun hal ini tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada kalangan bayi, anak-anak sampai remaja.

Dalam kasus glaukoma ada jenis glaukoma terbuka dan tertutup. Glaukoma dengan sudut terbuka biasanya berkembang sangat pelan hingga bertahun-tahun serta belum ada satupun gejala yang muncul. Gejala awal glaukoma terbuka terdapat bintik-bintik hitam di sisi pinggir mata yang mulai bermunculan. Kondisi ini mendandakan bahwa saraf di belakang mata telah mengalami kerusakan yang dimulai dari pinggir sedikit demi sedikit.

Meski demikian, gejala tersebut seringkali tidak disadari penderita, hingga kondisi sudah parah di kemudian hari. Ciri-ciri utama glaukoma sudut terbuka kronis adalah menurunnya penglihatan tepi pada kedua mata secara perlahan-lahan, sebelum akhirnya menjadi sangat sempit atau tunnel vision.

Sedangkan pada jenis glaukoma tertutup banyak gejala yang mempengaruhi penglihatan mereka menjadi tidak nyaman dengan tiba-tiba. Ciri-ciri glaukoma tertutup meliputi ;

  • mata yang sering nyeri
  • muncul dengan sakit kepala
  • penglihatan yang semakin hari semakin menyempit sehingga sulit untuk melihat obyek sama sekali
  • mata yang merah
  • melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya

Pada penderita glaukoma sudah tertutup, gejala yang dirasakan biasanya muncul hilang selama satu atau hingga dua jam.  Kondisi mata akan semakin rusak tiap gejala muncul atau kambuh.

Bahaya Besar Kebutaan Akibat GLAUKOMA

Disamping katarak, ternyata kondisi yang disebut glaukoma yang mempunyai risiko kebutaan jauh lebih besar terjadi pada orang tua. Seperti yang diungkap oleh badan kesehatan dunia atau WHO, glaukoma termasuk ke dalam posisi kedua yang menduduki penyebab kebutaan terbesar di seluruh dunia setelah katarak Kebutaan akibat glaukoma biasanya sulit untuk diperbaiki tidak seperti katarak.

Saraf mata yang mengalami kerusakan biasanya di mulai dari bagian pinggir.  Sehingga luas  pandang penglihatan akan semakin menyempit. Hal ini sama seperti kita melihat sesuatu dengan menggunakan alat teropong. Ketika mengeker pemandangan melalui lensa teropong, luas pandangan jadi lebih sempit dibandingkan jika tidak memakai teropong. Semakin banyak saraf yang rusak, maka teropong tersebut akan semakin mengecil bahkan bisa hingga tertutup permanen atau menyebabkan kebutaan.

Itulah sedikit informasi mengenai apa saja tanda-tanda glaukoma. Semoga artikelnya bermanfaat dan kita bisa lebih mewaspadai kondisi ini dari sekarang. Salam sehat, by kolom herbal

baca juga artikel lainnya ;

Tanda-Tanda Glaukoma

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.