Tips Mencegah Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi

Tips Mencegah Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi,- Sangat di haruskan sekali bagi Anda Ibu atau calon Ibu yang sedang mengandung untuk mengecek kandungannya secara rutin minimal satu bulan sekali. Hal tersebut bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan sang jabang bayi. Perlu bunda ketahui, kesehatan bunda sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin yang dikandung. Ada salah satu masalah kesehatan yang selalu mengintai pada bayi yang baru lahir, bahkan bayi yang masih dalam kandungan. Salah satu masalah tersebut adalah munculnya kelainan pada jantung.

Tips Mencegah Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi

Tips Mencegah Kelainan Jantung Bawaan Pada BayiPada saat kelahiran bayi, diharapkan semua organ tubuh terutama jantung berada dalam kondisi normal dan sehat. Keadaan jantung bayi yang sehat merupakan salah satu kunci penting yang menunjang harapan hidup seorang bayi yang baru lahir. Namun, pada kenyataannya masih ditemukan beberapa kasus bayi baru lahir dengan penyakit kelainan jantung bawaan.

Penyakit Jantung Bawaan atau PJB adalah kelainan jantung yang terjadi pada bayi sejak dalam kandungan. Janin dalam kandungan memiliki kompensasi yang baik terhadap kelainan ini, sehingga tanpa kontrol kehamilan yang baik seringkali PJB tidak terdiagnosa sebelum bayi dilahirkan.

Seperti yang telah di jelaskan di atas, bayi yang sehat terlahir dari ibu yang sehat. Maka dari itu, faktor-faktor berikut ini dapat mempengaruhi munculnya kelainan jantung pada bayi, seperti :

  • Kondisi kesehatan ibu hamil
  • Kebiasaan merokok
  • Sering mengkonsumsi alkohol
  • Mengkonsumsi obat di luar anjuran atau tidak sesuai dengan resep dokter
  • Kontaminasi pada awal kehamilan

Agar bunda dapat dengan mudah mengatasi adanya kelainan jantung pada bayi, terlebih dahulu bunda harus mengetahui ciri-ciri bayi yang mengalami kelainan jantung tersebut. Pada umumnya, bayi yang mengalami kelainan jantung mudah untuk dikenali, yaitu dilihat dari warna kulit yang terlihat kebiru-biruan, lidah atau bibir, dan ujung-ujung anggota gerak seperti kuku.

Ciri-ciri bayi dengan penyakit jantung bawaan sebetulnya tidak selalu terlihat lewat warna kebiru-biruan di tubuh. Bisa juga terlihat dari beberapa hal seperti :

  • Sesak nafas yang memberat saat bayi menyusui
  • Badannya kurus
  • Sering batuk dan demam
  • Gangguan pertumbuhan yang menyebabkan kekurangan gizi

Namun, penyakit jantung bawaan sering kali tidak menimbulkan tanda-tanda khusus tersebut, sehingga perlu pemantauan yang cermat untuk mendeteksi adanya penyakit jantung bawaan.

Berikut beberapa tips untuk mencegah adanya kelainan jantung bawaan pada bayi, diantaranya :

  • Upaya pencegahan untuk penyakit jantung bawaan diantaranya adalah pemeriksaan antenatal atau pemeriksaan rutin yang dilakukan ketika masa kehamilan. Dengan melakukan kontrol kehamilan secara teratur, maka penyakit jantung bawaan bisa dihindari atau dideteksi sejak dini. Pemeriksaan antenatal bisa mengenali adanya penyakit jantung bawaan pada janin dengan ultrasonografi (USG) kandungan.
  • Pencegahan penyakit jantung bawaan bisa juga dilakukan dengan menghindarkan ibu dari resiko infeksi virus torch. Konsumsi obat-obatan ketika hamil juga harus dihindari karena sejumlah obat kemungkinan besar bisa membahayakan janin. Penggunaan antibiotik pun bisa mengakibatkan efek samping yang membahayakan ibu dan janin.

Kelainan jantung pada bayi yang baru lahir biasanya terdeteksi setelah beberapa jam atau hari setelah kelahiran. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk bunda mengetahui beberapa tips untuk mencegah kelainan jantung bawaan pada bayi. Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Kolom Herbal

Baca juga : Cara Mengobati Kelainan Jantung Bawaan

Tips Mencegah Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *