Tips Hidup Sehat Efektif Mencegah Resiko Besar Jantung Koroner

Tips Hidup Sehat Efektif Mencegah Resiko Besar Jantung Koroner,- Penyakit jantung sudah terkenal sebagai salah satu faktor penyebab kematian seseorang. Di mana penyakit jantung adalah hasil dari penyempitan pembuluh darah yang memasok jantung dengan darah, oksigen dan nutrisi. Proses ini sering disebut sebagai penyakit arteri koroner yang umumnya dapat ditelusuri ke suatu kondisi yang disebut aterosklerosis, penumpukan lemak akibat kolesterol atau plak di bagian dalam dinding arteri.

Tips Hidup Sehat Efektif Mencegah Resiko Besar Jantung Koroner Sejak Dini..

Tips Hidup Sehat Efektif Mencegah Resiko Besar Jantung Koroner

Seiring berkembangnya akumulasi deposit dari waktu ke waktu, arteri koroner terjadi penyempitan sampai² aliran darah beroksigen ke jantung menjadi terhambat. Perlu anda ketahui juga, faktor seperti kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau trigliserida, obesitas, diabetes melitus, serta gaya hidup yang tidak terjaga juga dapat menyebabkan resiko perkembangan penyakit arteri koroner lebih tinggi.

(* Baca Juga : Minuman Herbal Alami dan Aman Untuk Penderita Jantung Koroner

KINI Anda tidak perlu khawatir, masih banyak cara efektif yang mampu mencegah perkembangan resiko dari penyakit jantung sejak dini, mencakup ;

  1. Hindari atau STOP kebiasaan merokok dan asupan alkohol, Di mana hal tersebut telah dikaitkan sebagai penyebab utama dari penyakit kardiovaskular pada pria. Sedangkan asupan alkohol yang moderat berhubungan dengan pengurangan penyakit kardiovaskular – namun dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko kanker payudara
  2. Turunkan atau kontrol kadar kolesterol anda sebaik mungkin, di mana kadar kolesterol yang tinggi sangat meningkatkan peluang anda sangat tinggi terkena yang namanya penyakit jantung koroner. Kolesterol yang ekstra dalam darah menempel di dinding dalam arteri, sehingga mereka mempersempitnya dan membiarkan lebih sedikit darah untuk melewati mereka ke jantung.
  3. Mengelola berat badan tetap sehat, di mana obesitas akibat dari gaya hidup yang tidak teratur atau terjaga dengan baik seperti kurangnya aktivitas fisik secara tertatur atau olahraga sangat berkontribusi tinggi terhadap resiko penyakit jantung. Prevalansi obesitas sangat tinggi terjadi pada wanita. Obesitas, terutama adipositas perut, merupakan faktor risiko penting untuk penyakit kardiovaskular pada wanita.
    Olahraga  yang teratur dan pemeliharaan berat badan yang sehat juga efektif dalam membantu mengurangi resistensi insulin dan resiko diabetes melitus yang tidak tergantung pada insulin. Diabetes dikaitkan dengan peningkatan tiga kali lipat tujuh kali lipat pada risiko penyakit kardiovaskular di kalangan wanita, dibandingkan dengan peningkatan dua kali lipat tiga kali lipat di antara pria. Sehingga aktiv secara fisik mampu mengendalikan berat badan bahkan kontrol tekanan darah untuk tetap stabil serta membantu mengatur kadar gula darah Anda.
  4. Pola diet rendah lemak jenuh, dengan mengkonsumsi tinggi dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan serta telah efektif dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Sayuran berdaun hijau serta buah yang kaya akan vitamin C, mempunyai peran manfaat dalam memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung tinggi lemak tapi tak jenuh yang baik untuk penderita jantung termasuk asam lemak omega3, alpukat, minyak bunga matahari, rapeseed, olive dan vegetable oil.
  5. Hindari asupan makanan yang mengandung lemak trans. Di mana asam lemak trans telah dikaitkan dengan profil lipid yang memberikan efek merugikan terhadap kesehatan tubuh salah satunya peningkatan resiko penyakit jantung. Hal ini dapat mencakup akibat kebanyakan menggunakan margarin dalam setiap makanan.
  6. Kontrol tekanan darah anda. Di mana kadar tekanan darah yang tidak terkontrol dengan baik seringkali memiliki efek buruk pada lipid darah. Metode relaksasi seperti meditasi, latihan pernapasan, yoga dan teknik manajemen untuk mengurangi stres sangat penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular dan penyakit arteri koroner serta mengurangi dari risiko masalah jantung berulang. Meditasi sangat efektif dalam meningkatkan latihan, menurunkan kolesterol dan membalikkan penebalan arteri karotid serta mengurangi perubahan listrik yang terkait dengan sirkulasi yan buruk ke jantung.

Itulah sedikit ulasan mengenai Beberapa Tips Hidup Sehat Efektif Mencegah Resiko Besar Jantung Koroner. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sehat..

By Agen Resmi Qnc Jelly Gamat

Tips Hidup Sehat Efektif Mencegah Resiko Besar Jantung Koroner

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *